6 Kos-kosan Mahasiswa Terunik di Dunia, Model Terapung hingga Bentuk Silinder

Jumat, Juli 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

6 kos-kosan mahasiswa terunik di dunia termasuk Tietgen Residence Halls di Kopenhagen, Denmark (Foto archdaily.com)


ADA 6 kos-kosan mahasiswa terunik di dunia yang memiliki daya tarik tersendiri. Kalau bicara tentang kos-kosan memang tidak bisa dilepaskan dari mahasiswa.

Kos-kosan di beberapa negara ini memiliki bangunan yang terbilang unik, loh. Harganya beragam, disertai fasilitas yang mumpuni di setiap bangunannya. Penasaran? Yuk intip 6 kos-kosan unik berikut ini, sebagaimana MNC Portal Indonesia kutip dari akun Instagram @kobieducation, Kamis (21/7/2022).

1. Kosan Terapung - Urban Rigger

Kos-kosan Urban Rigger yang mengapung di depan pelabuhan memberikan pemandangan spektakuler ke seberang perairan. Letaknya berada di dekat pusat Kopenhagen dan memiliki fasilitas umum yang fantastis, seperti BBQ dan dek observasi.

Tapi yang paling mengesankan, kos-kosan ini ditaksir dengan harga yang cukup murah guna memerangi tingginya biaya hidup di ibukota Denmark. Biaya kosan di sini ditaksi mulai Rp8 juta per bulan. Nantinya, penyewa akan mendapat kamar tidur ranjang double dengan kamar mandi dalam, rooftop, hingga panel surya.

2. Kosan Super Mini - Tengbom Unit

Mirip seperti tiny house atau rumah kecil, kos-kosan ini hanya berukuran 10 meter persegi dan terbuat dari kayu yang dilaminasi. Meski terkesan kecil, kos-kosan yang terletak di Smaland, Swedia ini dibangun bertingkat dan dilengkapi fasilitas lengkap,loh. Mulai dari dapur, kamar mandi dalam, meja belajar, hingga tempat tidur tertata dengan rapi dan nyaman di pandang di kos-kosan ini.

3. Kosan Silinder - Tietgen Residence Halls

Tietgen Residence Halls yang berada di Kopenhagen, Denmark memiliki halaman di bagian tengah sebagai tempat mahasiswa nongkrong dan berkumpul sehari-hari. Bangunan ini memiliki bentuk melingkar yang mencolok, terinspirasi oleh arsitektur tradisional Hakka Cina selatan.

Tersedia 360 kamar yang tersebar di 7 lantai. Ada pula ruang klasik dengan grand piano, auditorium hingga kafe dengan semerbak kopi di pagi hari yang membuat mahasiswa semakin betah berlama-lama di sini. Desainnya yang unik ini ahkan telah memenangkan RIBA European Award. Biaya kosan ditaksir sekitar dari Rp6-11 juta per bulan.

4. Kosan Sponge - Simmons Hall

Simmons Hall adalah kosan terbesar dan termahal yang dibangun di Massachusetts Institute of Technology. Dijuluki "The Sponge" karena bentuk dan struktur internalnya sangat unik, mirip spon laut. Menariknya, ada fitur unik yang disebut 'paru-paru' yang tersebar di seluruh gedung.

Fitur itu berfungsi memasukkan cahaya alami dan mensirkulasikan udara segar ke seluruh gedung. Menariknya lagi, kosan ini juga menyediakan teater dengan 125 kursi dan kafe malam untuk para mahasiswa nongkrong, loh.

5. Kosan Kontainer - Cite a Docks

Struktur kos-kosan Cite a Docks yang mengesankan ini dibangun dengan menumpuk kontainer pengiriman tua di atas satu sama lain. Namun, kos-kosan yang terletak di Le Havre, Prancis ini tentu tidak berkualitas buruk. Bahkan, masing-masing dilengkapi dengan kamar mandi dalam, dinding kaca yang menghadap ke halaman, dan dapur lengkap.

Akomodasi secara keseluruhan sangat saling berhubungan dengan taman pusat, di mana siswa dapat bertemu dan bersantai. Tak tanggung-tanggung, kosan ini berisi 100 apartemen dengan luas per kamar 24 meter persegi. Biaya kosannya pun cukup murah, ditaksir mulai dari Rp6 juta per bulan.

6. Kosan Warna-Warni - Studio Spacebox

Ada lebih dari 300 unit di sekitar halaman kampus Universitas Utrecht, serta beberapa ruang rekreasi dan fasilitas olahraga yang semuanya mengikuti tema warna-warni Spacebox.

Selain eksteriornya yang penuh warna dan unik, Studio Spacebox juga menawarkan unit yang sepenuhnya mandiri dan memanfaatkan ruang kecil dengan baik.

Sehingga, mahasiswa pun bisa menikmati ruang dengan nyaman di kamar mereka. Biaya kosannya ditaksir mulai dari Rp6-7 juta per bulan. So, apakah Anda tertarik menginap di salah satu dari enam kosan unik di atas?


Sumber : okezone.com

0 comments: