6 Sekolah Khusus Olahraga yang Ada di Indonesia, Nomor 1 Banyak Ciptakan Atlet Hebat

Kamis, Juli 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

6 Sekolah Khusus Olahraga yang Ada di Indonesia. (Foto: Instagram/sekolahragunan)

sekolah khusus olahraga yang ada di Indonesia akan Anda ketahui di artikel ini. Indonesia memiliki sejumlah sekolah yang memang khusus mengembangkan murid-muridnya di bidang olahraga.

Tidak seperti sekolah pada umumnya, sekolah khusus olahraga memiliki target membuat lulusannya menjadi atlet-atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa. Lantas sekolah mana saja yang berstatus sekolah khusus olahraga?

Berikut 6 Sekolah Khusus Olahraga yang Ada di Indonesia:

6. SMP dan SMA Olahraga Negeri Sriwijaya

Di Palembang ada satu sekolah olahraga yang sudah sangat terkenal, yakni Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya. Sekolah tersebut pun ada yang SMP dan SMA.

Dibangun sejak 20 Juli 2005, sekolah yang berada di Kompleks Ogan Pertama Indah Jakabaring, Palembang tersebut memberikan pembelajaran seperti biasanya dan tentunya latihan khusus terkait olahraga.

5. UPT SMA Olahraga Jawa Timur

UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur

Untuk di daerah Jawa Timur, ada satu sekolah olahraga bernama UPT SMANOR. Bisa dikatakan itu adalah satu-satunya SMA Negeri di Jawa Timur yang memberikan kurikulum SMA regular dan pendidikan olahraga.

Untuk siswa yang masuk UPT SMANOR bisa menekuni berbagai cabang olahraga (cabor), seperti pencak silat, renang, panjat tebing, atletik, gulat, judo, sepak takraw dan masih banyak lagi.

4. SMA Negeri 9 Tunas Bangsa Banda Aceh

SMA Negeri 9 Tunas Bangsa Banda Aceh atau SMA Olahraga Aceh memiliki tujuan untuk menjadikan murid-muridnya sebagai atlet yang berprestasi. Sejauh ini SMA Olahraga Aceh fokus melatih sembolan cabor saja.

Kesembilan cabir itu seperti pencak silat, sepakbola, karate, voli, taekwondo, kempo, basket, dan bulu tangkis.

3. SMA Negeri Olahraga Riau

SMA Negeri Olahraga Riau

Di Riau ada SMA Negeri Olahraga Riau yang tentunya fokus mengembangkan kemampuan para siswanya di bidang olahraga. Tentunya tujuan utama sekolah tersebut adalah membina masyarakat Riau yang ingin menjadi atlet agar bisa menjadi atlet yang berprestasi.

Untuk masuk SMA Negeri Olahraga Riau tidak bisa sembarangan. Sebab ada seleksi yang harus diikuti oleh para calon murid untuk bisa sekolah di sana.

2. Sekolah Khusus Olahraga (SKOI) Kalimantan Timur

Kini mari beralih ke Kalimantan. Di daerah Kalimantna Timur adalah sekolah olahraga bernama SKOI. Sekolah tersebut mencari siswanya dengan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga setempat.

Jadi, nantinya Dinas Pemuda dan Olahraga di Kalimantan Timur itu akan mencari calon-calon atlet terbaik yang berada di 14 kabuptan dan kota.

1. SMA Olahraga Ragunan Jakarta

Sekolah Ragunan

SMA Olahraga Ragunan menjadi salah satu sekolah olahraga terbaik di Indonesia. Banyak atlet-atlet hebat yang sudah mendunia berkat belajar di SMA Ragunan tersebut.

Sebut saja seperti legenda bulu tangkis Susi Susanti, lalu ada pebasket muda berbakat Derrick Michael, dan dari sepakbola ada Egy Maulana Vikri sampai Ismed Sofyan.


Sumber : okezone.com

0 comments: