7 Fakta Unik Durian Si Raja Buah, Ada yang Terjual Rp 719 Juta

Jumat, Juli 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Durian dikenal sebagai raja buah terutama di Asia Tenggara. Buah eksotis yang banyak penggemarnya ini ternyata menyimpan banyak fakta unik dibalik kelezatannya.

Durian dikenal sebagai raja buah di kawasan Asia Tenggara. Buah yang hanya bisa ditemukan di iklim tropis ini bahkan disebut-sebut sebagai buah eksotis yang paling digemari.

Aromanya yang harum serta tekstur daging buahnya yang creamy legit membuat durian memiliki kelebihannya sendiri dibandingkan dengan buah yang lain. Durian memiliki banyak varietas yang begitu populer.


Setiap jenis durian memiliki bentuk dan rasa yang unik sehingga banyak penikmatnya yang penasaran dengan cita rasanya yang khas. Dibalik kelezatannya yang istimewa ternyata buah durian memiliki banyak fakta unik dibaliknya.

Berikut ini 7 fakta unik dibalik kelezatan buah durian menurut Seasia (19/6):

Di dunia ini setidaknya ada 30 jenis durian dengan 11 diantaranya bisa dikonsumsi. Foto: Seasia

1. Terbagi menjadi 30 jenis
Di Asia Tenggara varietas dan jenis-jenis durian bisa ditemukan hingga lebih dari 500 jenis. Jumlah ini terbagi menjadi 100 di Malaysia, 100 di Indonesia dan 300 di Thailand sebagai negara produsen durian terbesar di dunia.

Tetapi disebutkan dari 30 jenis hanya 11 jenis yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Bukan berarti berbahaya atau beracun, jenis duriannya yang tak bisa dimakan ini memiliki biji yang sangat besar dengan daging buah yang tipis sehingga akan menyulitkan untuk dikonsumsi.

2. Bijinya dapat dimakan
Teksturnya yang keras membuat tak ada orang yang percaya bahwa biji durian bisa dikonsumsi. Nyatanya biji durian bisa direbus dan banyak diolah sebagai camilan yang nikmat.

Biji durian yang mentah tak bisa dikonsumsi karena mengandung asam lemak cyclopropene yang dapat menyebabkan kanker dan membahayakan tubuh. Tetapi ketika sudah dipanggang atau digoreng hingga kering, biji durian ini dapat disajikan sebagai keripik yang lezat.

3. Pernah terjual Rp 719 juta
Di Malaysia durian berjenis Musang King dan Black thorns atau duri hitam dinobatkan sebagai durian dengan harga termahal. Tidak sedikit banyak orang yang rela menawarkan harga fantastis saat pelelangan durian-durian tersebut.

Ternyata ada durian yang pernah terjual dengan harga yang begitu tinggi. Durian ini berjenis Kanyao yang berasal dari Thailand. Durian kanyao konon laku dalam acara pelelangan dengan harga yang mencapai Rp 719 juta.

4. Ada durian yang bernama Musang Queen
Salah satu jenis durian yang populer dikenal bernama Musang King yang banyak ditemukan di Malaysia. Ternyata tak hanya 'rajanya' ada juga 'ratu' dari jenis durian yang satu ini.
Durian tersebut dikenal dengan nama Musang Queen. Ternyata 'ratu durian' ini justru ditemukan pada bulan Juni tahun 1987 tepat satu tahun sebelum durian Musang King diidentifikasi. Rasanya yang sangat kuat tidak disarankan untuk dicicip oleh penikmat durian untuk pertama kalinya.

5. Tak punya duri secara alami
Beberapa jenis durian ada yang mengalami mutasi genetik. Hasilnya ada jenis-jenis tertentu ini secara alami tidak memiliki duri seperti durian pada umumnya.

Durian tanpa duri ini termasuk salah satu jenis durian yang begitu langka dan jika dijual harganya bisa begitu tinggi. Untuk daging buahnya sendiri durian tanpa duri ini tidak jauh berbeda rasa manis dan legitnya hanya saja warnanya sedikit lebih pucat.

Ternyata ada juga durian berdaging merah yang langka dan diburu para penikmat durian. Foto: Seasia

6. Ada durian yang berdaging merah
Jika biasanya durian ditemukan berdaging oranye atau kuning hingga kuning pucat ternyata ada juga jenis durian yang berdaging merah. Durian ini termasuk salah satu durian langka yang lebih mudah ditemukan di Timur Malaysia.

Ukuran buah durian berdaging merah ini cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan durian pada umumnya. Bagi penikmatnya, buah durian ini wajib dicicipi minimal sekali dalam seumur hidup. Sayangnya buah ini akan sulit ditemukan di daerah lain karena distribusinya dipusatkan hanya untuk di Malaysia saja.

7. Pohonnya bisa bertahan hingga satu abad
Pohon durian dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari 50 meter. Menghasilkan buah yang besar-besar tentunya pohon durian juga harus lebih kuat dan kokoh.

Tidak hanya kuat dan kokoh, pohon durian ternyata juga bisa berumur panjang. Konon usia hidup pohon durian bisa mencapai lebih dari 150 tahun dengan kualitas buah yang akan meningkat setiap tahunnya. Bahkan di Thailand ada sebuah pohon durian yang mampu hidup hingga 300 tahun lamanya.


Sumber : detik.com

0 comments: