7 Negara dengan Etnis Paling Beragam di Dunia

Kamis, Juli 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. Selain Indonesia, ada sejumlah negara lain yang masyarakatnya begitu heterogen dari beragam etnis. Berikut daftar negara dengan etnis paling beragam di dunia. (Schaeffler/Pixabay)

Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak negara yang diketahui memiliki etnis paling beragam di dunia. Bahkan rata-rata mereka sangat menjaga etnis yang ada supaya tetap lestari secara turun-temurun dan tidak punah.

Terbentuknya etnis dalam suatu negara terdiri atas berbagai faktor, seperti disatukan oleh bahasa, budaya, sejarah, atau berasal dari latar bangsa yang sama.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan kelompok etnis yang sangat beragam, tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Merujuk data sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2010, ada lebih dari 300 kelompok etnik di Indonesia.

Selain Indonesia, nyatanya ada sejumlah negara lain di dunia yang masyarakatnya begitu heterogen dari beragam etnis.

Merujuk laman World Atlas, di bawah ini daftar negara yang tercatat memiliki jumlah etnis beragam mulai dari ratusan sampai ribuan suku bangsa.

1. Papua Nugini
Papua Nugini adalah salah satu negara etnis paling beragam di dunia (Istockphoto/Matthias Kestel)

Negara tetangga Indonesia ini mempunyai 1.000 kelompok etnis dengan 830 bahasa, sehingga tidak heran apabila diklaim sebagai negara paling beragam secara etnis di dunia.

Banyaknya jumlah etnis di Papua Nugini ini tentu karena pengaruh dari letak geografis, imigrasi, okultisme, peperangan, misi Kristen, kolonialisme, sampai modernitas.

Memiliki luas wilayah 462.840 kilometer persegi, di tahun 2020 populasinya tercatat sekitar 8,4 juta jiwa.


2. Tanzania
Tanzania adalah salah satu negara dengan etnis terbanyak di dunia (Photo by Yasuyoshi CHIBA / AFP)

Berikutnya adalah Tanzania. Negara yang berada di belahan timur benua Afrika ini dilaporkan memiliki 150 lebih etnis dan sekitar 127 macam bahasa.

Dengan luas wilayah 945.037 kilometer persegi, etnis terbesar yang mendiami Tanzania yaitu Sukuma 11,6 persen, sedangkan etnis Gogo dan Haya sekitar 4 persen.

Jumlah penduduknya per 2020 sebanyak 59 juta lebih. Sementara bahasa yang digunakan dominan Inggris atau bahasa Swahili dan tidak memiliki bahasa lokal Afrika.


3. Republik Uganda
Uganda adalah salah satu negara dengan etnis paling beragam di dunia (AFP PHOTO / Yasuyoshi CHIBA)

Negara etnis paling beragam di dunia selanjutnya ada Republik Uganda dari kawasan Afrika Timur yang mendapat julukan mutiara Afrika karena keindahan alamnya.

Ada 60 etnis yang menguasai Republik Uganda dan kelompok paling terbesarnya yaitu etnis Baganda 16,9 persen, Banyankole 9,5 persen, Basoga 8,4 persen.

Penduduknya berjumlah 46 juta jiwa di tahun 2020, sedangkan luas wilayahnya 241.551 kilometer persegi. Bahasa yang mereka gunakan sehari-hari adalah Inggris dan Swahili.


4. Republik Liberia
Republik Liberia adalah salah satu negara etnis paling beragam di dunia (Photo by JOHN WESSELS / AFP)

Republik Liberia merupakan negara yang letaknya di pesisir barat Afrika dan berbatasan dengan Guinea, Pantai Gading, dan Sierra Leone.

Negara seluas 99.067 kilometer persegi ini dihuni oleh 5,2 juta jiwa di tahun 2020, sekaligus memiliki 28 etnis di mana masing-masing kelompoknya mempunyai bahasa tersendiri.

Secara linguistik, etnis di Liberia terbagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu suku Mande atau Malinke, suku Kru, dan suku Mel.


5. Republik Demokratik Kongo
Kongo adalah salah satu negara dengan etnis paling beragam di dunia (REUTERS/ABUBAKER LUBOWA)

Republik Demokratik Kongo (RDK) atau dikenal dengan sebutan Kongo Zaire adalah sebuah negara yang berada di kawasan Afrika Tengah, dan penduduknya berjumlah 87,6 juta jiwa.

Luas wilayahnya mencapai 2.345.410 kilometer persegi dan didiami oleh sekitar 250 etnis bahkan masih ada subetnis lainnya yang belum terjamah.

Masing-masing etnis ada bahasa tersendiri. Totalnya diperkirakan mencapai 214 bahasa. Tiga etnis terbesarnya yaitu Tuba Kongo, Luba-lulua, serta Lingala.


6. India
India adalah salah satu negara etnis paling beragam di dunia (REUTERS/ADNAN ABIDI)

India termasuk salah satu negara dengan etnis beragam di dunia mencapai 2.500, dan identitasnya dibedakan sesuai ras, kasta, serta bahasa.

Menurut sejarahnya, perkembangan etnis di India ini beragam karena berbagai faktor yang cukup kompleks. Salah satunya setelah zaman penjajahan.

Jumlah penduduknya hingga 1,38 miliar jiwa lebih dengan luas wilayah 3.166.000 kilometer persegi, pemerintah India menerapkan bahasa Hindi dan Inggris sebagai bahasa resminya.

7. Nigeria
Nigeria adalah salah satu negara etnis paling beragam di dunia (Photo by PIUS UTOMI EKPEI / AFP)

Nigeria bisa dikatakan sebagai salah satu negara paling maju di kawasan Afrika, bahkan populasi penduduknya terbilang padat mencapai 193 juta jiwa lebih menurut data 2020.

Dengan luas wilayah 923.768 kilometer persegi, Nigeria termasuk negara etnis paling beragam di dunia sebanyak 520 kelompok suku bangsa.

Tiga etnis paling dominan yaitu Hausa atau Fulani, Yoruba dan Igbo, disebut-sebut sangat bersaing dalam ranah politik di Nigeria sejak era kemerdekaan sampai sekarang.






Sumber :  cnnindonesia.com

0 comments: