7 Negara yang Paling Sulit Dikunjungi, Bhutan hingga Korut

Senin, Juli 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Sejumlah negara di dunia diketahui tidak mudah untuk didatangi oleh siapa pun yang hendak datang ke sana. Berikut daftar negara yang paling sulit dikunjungi. (iStockphoto/narvikk/North Korea)

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah negara di dunia diketahui ada yang tidak mudah untuk didatangi oleh siapa pun yang hendak datang ke sana.

Negara yang paling sulit dikunjungi berikut memiliki sejumlah aturan ketat terkait.

Alasan lain yang membuat suatu negara susah dikunjungi bisa disebabkan karena negara bersangkutan memang tidak mengeluarkan visa turis karena faktor keamanan dan politik.


Lalu ada juga negara di bawah rezim totaliter sehingga menutup diri dari dunia luar dan dipastikan tidak mudah dikunjungi.

Melansir laman Visaguide, di bawah ini terdapat daftar negara yang sulit dikunjungi oleh turis mancanegara.


1. Bhutan
Bhutan adalah salah satu negara yang paling sulit dikunjungi. (iStockphoto/tonyzhao120/Gangtey in Bhutan)

Bhutan adalah negara kecil di Asia Selatan yang berbentuk kerajaan. Wilayah negara ini terimpit antara China dan India.

Anda hanya dapat mengajukan permohonan visa individu ke Bhutan apabila berasal dari negara India, Bangladesh, atau Maladewa.

Untuk mendapatkan visa ke Bhutan, pengunjung harus mencari agen wisata yang mengatur perjalanan ke sana dan membayar biaya visa di muka bersama dengan sisa paket wisata.

Aplikasi visa ke negara Bhutan diproses secara online dan harus mendapat persetujuan dari Dewan Pariwisata di Bhutan.


2. Somalia
Somalia termasuk dalam daftar negara yang paling sulit dikunjungi oleh turis mancanegara. (Photo by EDUARDO SOTERAS / AFP)

Somalia masuk daftar negara yang paling sulit dikunjungi. Menurut Global Peace Index, negara ini berada di peringkat ke-6 sebagai salah satu tempat paling berbahaya untuk dikunjungi.

Karena alasan itulah, tidak banyak konsulat atau kedutaan yang bersedia mengeluarkan visa pengunjung bagi turis. Hal itu semata-mata untuk melindungi para pengunjung karena memang kondisi negaranya membahayakan.

Terlebih usai perang sipil pada 1991, Somalia sampai sekarang masih dalam kondisi tidak aman karena masih banyak ditemukan gerakan peperangan.


3. Turkmenistan
Turkmenistan termasuk dalam daftar negara yang paling sulit dikunjungi. (Istockphoto/ Velirina/Monumen Arch of Independence in Ashkhabad, Turkmenistan)

Turkmenistan terletak di Asia Tengah berbatasan dengan Iran di bagian selatan serta Afghanistan di tenggara. Negaranya termasuk paling jarang dikunjungi turis karena memiliki kebijakan visa yang terbilang sangat kaku.

Terkecuali pemegang paspor Kazakhstan atau Uzbekistan dan beberapa pengunjung dengan paspor diplomatik, kemungkinan bisa mengunjungi Turkmenistan.

Apabila ingin mengajukan visa ke negara ini, Anda harus memiliki sponsor di Turkmenistan yang dapat menyediakan LOI (surat undangan) dan proses izin dokumennya bisa 20 hari lebih.

Daftar negara yang paling sulit dikunjungi. (YAMIL LAGE / AFP/ Kuba)

4. Republik Kuba
Republik Kuba merupakan negara yang terletak di Kepulauan Karibia. Negaranya memang sangat sulit dikunjungi khususnya bagi orang Amerika.
Pemegang paspor Amerika tidak diizinkan masuk ke Kuba terlebih untuk tujuan berwisata, terkecuali jika ada perjalanan resmi yang sesuai kategori tertentu.

Jika warga Amerika dengan kriteria tertentu berhasil mendapatkan izin untuk memasuki negara Kuba, mereka akan menerima kartu turis berwarna merah muda.

Selain warga Amerika yaitu warna negara lain yang juga mendapat izin, nantinya akan mendapat kartu turis berwarna hijau sebagai identitas.


5. Afghanistan
Afghanistan termasuk dalam daftar negara yang paling sulit dikunjungi. (WAKIL KOHSAR / AFP)

Situasi politik di Afghanistan terbilang tidak stabil bahkan banyak pemerintah dari berbagai negara tidak menyarankan untuk masuk ke negara tersebut.

Sebelum terjadinya penggulingan pemerintah, akses mendapatkan visa negara ini juga termasuk sangat sulit terlebih di kondisi yang sekarang.

Anda bisa dibebaskan dari pengajuan visa apabila memiliki paspor diplomatik yang dikeluarkan dari salah satu negara seperti Cina, India, Indonesia, Iran, Tajikistan, dan Turki.

Itupun pemohon visa juga harus sambil menyertakan tujuannya dan bukan keperluan berwisata.


6. Iran
Iran termasuk dalam daftar negara yang paling sulit dikunjungi. (Photo by ATTA KENARE / AFP)

Permohonan visa masuk ke Iran perlu kode otorisasi resmi yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri di Iran.

Kode tersebut juga berlaku untuk penyedia agen perjalanan resmi Iran apabila Anda memiliki keperluan penting untuk masuk negaranya.

Negara ini tidak mengizinkan pendatang luar negeri apabila pernah masuk ke Israel dalam kurun waktu 6 bulan terakhir sebelum masuk ke Iran.

Pemegang paspor Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Afghanistan, Bangladesh, Kolumbia, India, Iraq, Yordania, Nepal, Pakistan, Somalia, dan Srilanka tidak bisa mengajukan visa on arrival.


7. Korea Utara
Korea Utara adalah salah satu negara yang paling sulit dikunjungi. (AFP PHOTO / Ed JONES)

Korea Utara merupakan negara tersulit dikunjungi oleh turis. Untuk mendapatkan izin masuk negaranya harus mengajukan visa ke agen wisata yang telah disetujui negara tersebut.

Kalaupun memang bisa mendapat akses masuk ke Korea Utara, turis harus mematuhi peraturan berlaku yang sangat ketat karena tidak dapat sembarangan menjelajah negara itu.

Jika hanya diizinkan berada di satu wilayah maka turis tidak boleh mengunjungi wilayah lain yang belum mendapat izin resmi. Khususnya untuk pemegang paspor Amerika atau Korea Selatan, Anda dipastikan tidak memenuhi syarat mendapat visa Korea Utara.

Demikian tujuh negara yang paling sulit dikunjungi.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: