7 Tempat Wisata di Jepara, Mulai dari Pantai, Bukit, Danau, hingga Museum

Kamis, Juli 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

7 Tempat Wisata di Jepara, Mulai dari Pantai, Bukit, Danau, hingga Museum
Sunset di Tanjjung Gelam, Karimunjawa [Suara.com/Adam Iyasa].

Suara.com - Selama ini, Jepara dikenal dengan kecantikan bawah lautnya di Taman Nasional Karimunjawa. Namun rupanya bukan cuma itu, Jepara juga masih memiliki deretan tempat wisata lainnya yang tidak kalah cantik.

Kota yang memiliki julukan Kota Energi ini bahkan dapat dibilang menyuguhkan tempat wisata yang lengkap mulai dari wisata alam berupa pantai, danau, dan bukit, hingga wisata sejarah. Jika kamu ke Jepara, jangan lupa untuk menyambagi tempat wisata berikut

Taman Nasional Karimunjawa

Jalan-jalan ke Jepara, tentu tidak lengkap tanpa menepi sejenak ke Taman Nasional Karimunjawa. Kamu bisa menemukan lebih dari 20 pulau kecil, lengkap dengan hutan mangrove di sekitarnya.

Berkunjung ke Karimunjawa sangat cocok bagi kamu pecinta olahraga air pemacu adrenalin seperti diving dan snorkeling.

Pantai Punuk Sapi

Dari namanya saja, kamu pasti sudah tahu apa yang menjadi ciri khas dari pantai di Jepara satu ini. Ya, nama punuk sapi diambil dari sebuah gundukan tanah berwarna merah yang terlihat menyerupai punuk sapi.

Pantai yang tidak pernah sepi dari wisatawan ini juga memiliki daya tarik lain, yaitu pasirnya yang berwarna hitam dan tampak eksotis.

Danau Blingoh

Tempat wisata di Jepara selanjutnya adalah Danau Blingoh. Bukan hutan, danau satu ini justru dikelilingi bebatuan kapur putih yang tidak kalah menawan. Berkat batu kapur itu juga air di Danau Blingoh ini berwarna hijau toska jernih.

Tempat ini awalnya adalah lokasi penambangan ilegal, dan bekas tambang itulah yang kini selalu terisi air dan membentuk layaknya danau di musim penghujan

Bukit Bejagan

Pantai sudah, danau sudah, kini saatnya menikmati keindahan alam Jepara melali ketinggian di Bukit Bejagan. Untuk mencapai puncaknya, kamu tentu perlu mendaki terlebih dahulu. Namun tenang saja, rasa lelah itu akan terbayar tuntas saat bisa menikmati keindahan dari atas.

Di puncak Bukit Bejagan juga sudah ada rumah pohon yang juga digunakan sebagai gardu pandang dan spot foto favorit.

Air Terjun Jurang Nganten

Terletak di Kecamatan Pakis Aji, Air Terjun Jurang Nganten memiliki kucuran air yang cukup deras dan juga lebar. Selain itu, di kanan kiri air terjun juga terdapat pohon-pohon hijau yang menambah suasana lebih syahdu dan menjadi tempat pas untuk healing.

Sebelum menikmati wisata air terjun, kamu perlu tracking kurang lebih 500 meter terlebih dahulu dengan jalanan yang cukup terjal.

Goa Tritip

Tempat wisata di Jepara berikutnya adalah Goa Tritip yang dulunya merupakan tempat pertapaan Mbah Joyo Kusumo. Goa tersebut kini dilengkapi dengan berbagai spot foto Instagramable yang tidak pernah sepi pengunjung. Jika ingin berkunjung, pastikan jangan sampai lebih dari pukul 18.00 WIB.

Museum R.A Kartini

Sebagai kota kelahiran R.A Kartini, tentu saja Jepara memiliki museum khusus bagi pahlawan pelopor emansipasi wanita di Indonesia ini. Jepara bahkan juga dijuluki sebagai Bumi Kartini.

Jika tertarik mempelajari sejarah dan biografi R.A Kartini, kamu bisa mengunjungi Museum R.A Kartini di Desa Panggang.

Sumber : suara

0 comments: