7 Tips Memasak yang Seharusnya Tidak Kamu Coba Menurut Ahli

Selasa, Juli 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

com-Ilustrasi memasak di rumah. Foto: Shutterstock
Tips memasak kini dapat dengan mudah kamu temukan di media sosial, mulai dari YouTube, Instagram, bahkan TikTok. Berbagai tips dibagikan guna mempermudah seseorang dalam mengolah makanan. Tetapi ternyata ada beberapa tips yang seharusnya tidak kamu coba menurut para ahli.
Kamu mungkin sering membaca atau menonton acara memasak. Biasanya, baik itu acara memasak di TV, berbagai video di media sosial, atau tips yang kamu temukan di internet. Tapi tidak semua tips bisa kamu ikuti. Dengan alasan dapat merusak bahan makanan atau malah merusak peralatan dapur kamu.
Mengutip Eat This, terdapat beberapa tips memasak yang tidak seharusnya kamu coba menurut para ahli. Bahkan beberapa di antaranya mungkin sering kamu lakukan di rumah. Yuk, simak berikut ini:

1. Jangan mencuci ayam atau unggas sebelum dimasak

Mencuci ayam terutama sebelum memasak sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Tapi, ternyata mencuci ayam atau unggas lainnya sebelum dimasak malah membuat bakteri dari hewan ini tersebar di dapur kamu.
Chef Daniel Kenney dari Liberty Hotel mengatakan, "Ini (mencuci ayam) tidak bekerja untuk membunuh bakteri apa pun, dan justru dapat memiliki efek sebaliknya, dan menyebarkan bakteri di sekitar dapur kamu. Ini juga akan melembabkan kulit ayam yang akan menyebabkannya tidak renyah dengan baik saat kamu memasaknya.”

2. Jangan memasak daging yang masih beku

Daging beku di lemari es. Foto: Shahjehan/Shutterstock
Mencuci daging juga tidak baik buat, lho. Oleh karena itu, daging biasanya dimasukkan ke freezer untuk menjaga kualitasnya. Nah, kalau dari freezer, daging jangan langsung dimasak, ya. Lebih baik ditunggu hingga es pada daging mencair sempurna.
"Kamu harus selalu membiarkannya di talenan atau piring setidaknya selama 10 hingga 15 menit sebelum dimasak. Ini memungkinkan memasak lebih merata," kata chef Robert Sisca dari The Banks Fish House.

3. Jangan geprek bawang putih

Bawang putih. Foto: Shutterstock
Kamu mungkin sering melihat di berbagai acara masak, para chef menggeprek bawang putih. Hal ini justru akan membuat pisau kamu mudah rusak.
Chef Ryan Smith dari Lazy Susan Tapas Bar mengatakan, “Dulu saya punya Chef saus yang bersikeras memukul semua bawang putihnya sebelum memotongnya untuk kemudian ditumis. Banyak koki mengatakan hal yang sama kepada saya. Tapi kenyataannya, yang terjadi hanyalah menghancurkan pisau kamu dan memakan waktu dua kali lebih lama."

4. Jangan tambahkan garam saat memarinasi

Kesalahan yang paling umum dalam memasak adalah menambahkan garam saat memarinasi protein. Hal tersebut karena garam dapat membuat daging yang akan kamu olah menjadi kering.
"Garam adalah pelembab dalam keadaan alami dan jika kamu menambahkan garam ekstra. Itu dapat menyebabkan terlalu banyak mengekstrak rasa dan dapat menyebabkan daging kering,” kata chef Suraj "Sunny" Chopra dari The Revere Hotel.

5. Jangan terlalu sering mengaduk nasi

Siapa di sini yang sering mengaduk saat memasaknya? Mulai sekarang berhenti lakukan kebiasaan ini, ya. Saat memasak nasi kamu hanya perlu sesekali saja mengaduknya.
"Sekarang penting untuk tidak mengaduk nasi. Setelah air mulai mendidih, saatnya untuk menutup panci dan menurunkan panas selama sekitar 15 menit. Lalu kamu dapat mengangkat tutupnya dan mengaduk nasi perlahan agar matang merata, lalu pasang kembali tutupnya dan matikan api. Diamkan nasi selama sekitar 5 menit," Patti Delgado selaku Executive Chef di Vibrant

6. Jangan panaskan panggangan terlalu cepat

Ilustrasi memanggang daging. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Saat barbeque atau membakar sate menjadi momen yang seru. Sehingga ingin rasanya buru-buru memanggang makanan yang akan dimakan. Tapi sebaiknya, kamu jangan panaskan panggangan terlalu cepat, ya.
"Jika arang panggangan kamu sangat panas hingga memutih, kamu bisa membakar apa pun yang ditaruh di atasnya. Memanggang dilakukan dengan api besar, tapi jangan berlebihan. Biarkan waktu panggangan mencapai suhu yang tepat,” saran Chef Ryan Marcoux dari Grill 23 & Bar.

7. Jangan menekan burger di panggangan

Ilustrasi memanggang Foto: Shutter Stock
Kamu mungkin sering melihat seseorang memasak dengan menekan burger di atas panggangan untuk mempercepat waktu memasak. Tetapi hal tersebut malah akan membuat jus dari burger itu hilang.
Chef Daniel Kenney dari Liberty Hotel mengatakan, "Kamu tidak boleh menekan burger saat berada di atas sumber panas karena jus yang membuatnya tetap enak dan lembab akan hilang. Cara sederhana mengurangi waktu memasak, adalah dengan bentuk burger menjadi patty yang lebih tipis sebelum meletakkannya di atas panggangan.”

Sumber : kumparan.com

0 comments: