7 Tips Wawancara Visa Amerika agar Lolos

Jumat, Juli 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Tips wawancara visa Amerika,foto unplash,CardMapr.nl
Anda yang berencana kuliah atau berkunjung ke Amerika Serikat? Tentunya harus memiliki visa terlebih dahulu dan untuk mendapatkan visa tersebut Anda harus lolos tes wawancara visa. Bagaimana cara biar lolos? Berikut ini tips wawancara visa Amerika, yang tentunya sangat dibutuhkan.
Pengertian visa adalah dokumen resmi izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan di mana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing.

Tips Wawancara Visa Amerika Serikat

Tips wawancara visa Amerika, foto unplash, Dennis Rochel
Berikut ini tips wawancara visa Amerika yang bisa dipelajari sebelum hari wawancara tiba.

1. Daftarkan Diri Jauh-Jauh Hari

Sebelum mendaftarkan visa, sebaiknya Anda mempersiapkan pendaftaran dari jauh-jauh hari. Karena jadwal wawancara visa biasanya penuh setengah sampai satu bulan.

2. Buatlah Foto Sesuai Peraturan

Pastikan foto Anda sesuai dengan yang ditentukan di website Kedutaan Besar Amerika. Jika foto Anda tidak sesuai, maka Anda akan disuruh foto lagi.

3. Perhatian Penampilan Anda

Mengutip dari booksgoggle.co.id untuk tips agar lolos wawancara visa Amerika adalah perhatikan penampilan. Anda tidak perlu glamour tetapi rapi. Mungkin ini hal sepele tapi bisa sangat menentukan. Paling tidak Anda harus meyakinkan.
Anda harus menunjukkan bahwa Anda orang Indonesia yang berpenampilan menarik dan rapi selain itu kalian harus mengenakan sepatu.
Untuk ukuran penampilan rapi atau tidaknya Anda bisa tentukan sendiri atau bisa juga tanya kepada teman, keluarga yang pernah melamar visa dan berhasil.

4. Pastikan Semua Dokumen yang Diperlukan Sudah Dibawa

Mungkin Anda berpikir bahwa tidak akan lupa untuk dokumen yang diperlukan sudah dibawa. Sebagai manusia biasa, manusia memang sering kali lupa.
Pada saat wawancara visa pastikan dokumen penting Anda harus terbawa semua, karena jika tertinggal salah satu saja, permohonan visa Anda bisa ditolak petugas wawancara Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
Kalian bisa saja melamar visa dari awal, namun Anda sudah memiliki catatan atau record yang tidak baik. Record yang baik harus Anda bangun sejak awal dan berikan kesan terbaik saat wawancara.

5. Jawablah Pertanyaan dengan Jujur, sopan, dan Tegas

Secara umum, orang Amerika tidak suka basa-basi. Orang Amerika lebih menyukai orang yang berbicara terus terang dan apa adanya. Hal ini sangat penting saat wawancara visa, jawablah pertanyaan dengan apa adanya.
Jika kalian di Amerika bertujuan untuk kuliah atau hanya ingin berkunjung ke Amerika Serikat katakan secara sopan dan tegas. Jangan berbelit-belit, memang sebelum menjawab pertanyaan Anda harus memikirkan jawaban terlebih dahulu, tetapi jangan lama-lama.
Kalau jawaban Anda berbelit-belit bisa dipastikan permohonan Anda tidak dikabulkan.

6. Menjawab Pertanyaan dengan Bahasa Inggris

Jika kalian melamar visa untuk kuliah di Amerika Serikat, jawablah pertanyaan menggunakan bahasa Inggris, sekalipun yang memberi pertanyaan menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini memang sangat penting.
Karena Anda sudah dipastikan diterima sebagai mahasiswa universitas di Amerika, Anda dianggap sudah menguasai bahasa Inggris. Maka buktikanlah kalau Anda bisa.
Banyak orang menguasai Bahasa Inggris dengan kemampuan yang bagus dalam membaca dan grammar, tapi banyak orang tidak pandai dalam speaking.

7. Jangan Memprotes atau Membantah Pewawancara

Jangan sekali-kali memprotes atau membantah pewawancara Anda. Kalau Anda memprotes bisa-bisa visa yang sudah dikeluarkan ditarik kembali. Kalau hal ini bisa terjadi maka usaha Anda mulai awal akan sia-sia dan tidak ada hasilnya.
Itulah beberapa tips wawancara visa Amerika yang bisa membantu Anda agar lolos dan lancar untuk menjawabnya.(Diah)


Sumber : kumparan.com

0 comments: