8 Museum di Taiwan Ini Wajib Dikunjungi Bagi Kamu Pecinta Sejarah

Jumat, Juli 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Taiwan rupanya bukan hanya sekadar negara yang identik dengan gemerlap pasar malam dan jajanan pinggir jalannya saja. Negara yang mulanya masih satu rumpun dengan Republik Tiongkok ini ternyata juga menyimpan banyak destinasi unik bernilai sejarah tinggi.

Mulai dari bangunan bersejarah seperti kuil dan deretan museum yang ada di Taiwan ini tak hanya menawarkan cerita prasejarah saja. Namun juga masih elok secara estetika.

Berikut telah dirangkum beberapa destinasi menarik bernilai sejarah dan budaya tinggi saat kamu berlibur ke Taiwan.

1. National Museum of Marine Biology & Aquarium

National Museum of Marine Life terletak di daerah Checheng, Pingtung, dan merupakan museum sekaligus lembaga penelitian biologi kelautan terkemuka di Taiwan.
Advertisement

Dengan luas 60 hektar, museum itu dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, Waters of Taiwan yang menampilkan hewan endemik atau asli dari Taiwan.

Selanjutnya, terdapat Coral Kingdom dengan bentuk terowongan bawah air sepanjang 84 meter yang menyajikan pengalaman melihat beragam biota laut berupa terumbu karang di Laut Cina Selatan.

Ada pula Waters of the World yang menyajikan ekologi laut purba dan ditampilkan melalui jendela akrilik dari Giant Kelp Tank tertinggi di dunia yang mencapai 10 meter.

Selain itu, terdapat penguin kutub selatan serta beluga kutub utara yang dibesarkan sendiri di museum dan telah menjadi sajian terpopuler bagi pengunjung.

2. Ju Ming Museum

Museum itu diambil dari nama seorang master seni Taiwan bernama Ju Ming yang terkenal sebagai seorang pemahat andal sekaligus pengukir kayu.

Terletak di daerah Jinshan, bangunan yang dibeli Ju Ming pada 1987 untuk menyimpan koleksi pribadinya ini, akhirnya dijadikan sebuah museum seni luar ruang terbesar di Taiwan pada tahun 1999.

Sebagai informasi, museum itu dirancang, ditemukan, dibangun, sekaligus diisi oleh karya dan jerih payah sang seniman sendiri yakni Ju Ming.

Menariknya museum itu bukan hanya dimunculkan melalui karya Ju Ming nan indah saja. Akan tetapi, sekeliling area museum pun dihiasi banyaknya pepohonan rindang sebagai pelengkap keindahan.

3. Matsu Distillery

Matsu Distillery bertempat di Bukit Niubeiling, Desa Fuxing dan merupakan pabrik anggur yang didirikan sejak 1956.

Di dalam pabrik itu, berbagai jenis anggur terpopuler telah diproduksi, mulai dari Anggur Daqu, Anggur Sorgum, dan Anggur Tua. Uniknya, terkhusus Anggur Tua, pabrik itu menyimpannya lebih dulu selama dua tahun sebelum akhirnya dipasarkan.

Saat mengunjungi tempat itu, wisatawan disuguhkan berbagai hal dari dari anggur khusus yang diproduksi di era yang berbeda, anggur obat yang sudah tidak diproduksi lagi, hingga barang langka lainnya.

Berada di bukit, pengunjung juga bukan hanya mengetahui sejarah sambil menikmati anggur berkualitas saja. Namun pengunjung dimanjakan dengan pegunungan yang indah.

4. Chiayi Art Museum

Museum Seni Chiayi merupakan satu dari banyaknya museum yang disinyalir menjadi terbaik di Taiwan. Bangunan museum itu tadinya adalah pabrik cabang dari Biro Monopoli Tembakau dan Anggur.

Bangunan itu akhirnya dialihfungsikan dan sekarang menjadi tempat yang menawarkan kursus dan lokakarya tentang kaligrafi, lukisan tinta kuas, ilustrasi, dan beberapa hal lainnya dengan sentuhan Taiwan.

Bertempat di Distrik Timur Kota Chiayi, Taiwan, museum itu dimaksudkan demi mendukung reputasi Kota Chiayi yang dikenal dengan kota seni.

Sebab itulah bangunan itu akhirnya dihadirkan sebagai ruang seni yang tetap berorientasi pada masyarakat.

5. Lukang Tianhou Temple

Salah satu museum di Taiwan, Lukang Tianhou Temple. Foto: dok Taiwan Tourism Bureau ID
Kuil Lukang Tianhou merupakan satu dari tiga situs tempat paling bersejarah di Lukang, Changhua, Taiwan.

Tak sampai di situ, kuil itu juga menyimpan sekaligus melestarikan barang-barang bersejarah, seperti papan yang diukir oleh seorang kaisar dan pejabat ching, foto-foto zaman dahulu Kuil Meizhou, dan masih banyak lagi.

Menilik dari sejarahnya yang luar biasa, maka tak heran jika kuil itu dapat dikunjungi oleh setidaknya lebih dari 1 juta orang tiap tahunnya.

6. National Center for Traditional Arts

Berdiri di atas tanah seluas 24 hektar dan bertempat di samping Sungai Dongshan nan indah, tempat itu berisikan pertunjukan budaya dan seni tradisional asli Taiwan.

Di tempat itu banyak hal dapat dilakukan, mulai dari menikmati kreasi artistik, mendengarkan musik tradisional, menikmati pertunjukan opera, dan bahkan pengunjung juga dapat ikut andil dalam proses kreasi artistik itu sendiri.

Di samping itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan bangunan kuno yang menunjukkan suasana pemukiman tradisional di Taiwan.

Ditambah dengan keindahan The Jumping Fish Tunnel dan Tree of Hope, tempat itu akan menjadi satu destinasi lengkap yang menyediakan segudang keindahan.

7. Gold Museum

Museum itu terletak di Kota Junguashi dengan memberikan pengalaman menarik tentang industri pertambangan emas yang dahulu pernah mendominasi daerah tersebut.

Pengunjung nantinya dapat memperoleh pengetahuan mengenai kehidupan para penambang, termasuk juga berkesempatan untuk jelajahi Terowongan Kelima Benshan yang sampai sekarang masih digunakan.

Pengalaman pun akan terus didapat pengunjung dengan berkesempatan melihat dan menyentuh hasil tambang berupa emas terbesar di dunia dengan berat 220 kilogram.

8. Tainan City Zuojhen Fossil Park

Tempat satu ini merupakan satu-satunya museum fosil di Taiwan yang juga digunakan sebagai tempat pelembagaan pendidikan berupa sekolah dengan mengintegrasikan tempat bekas Tsai-Liao Fossil.

Dengan menggabungkan antara sains, arkeologi, pendidikan, dan pariwisata, Tainan City Zuojhen telah menjadi rumah fosil dengan konteks alam dan budayanya yang unik.

Di dalam museum itu terdapat koleksi tulang belulang mulai dari Mammoth, Stegodon, Rusa Skia Formosa, Buaya, Kerang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat pula pameran lain yakni tengkorak manusia Zuozhen serta kerangka Hayasaka Rhino yang telah direstorasi.

Sumber : detik.com

0 comments: