8 Tips Ringankan Kontraksi Jelang Melahirkan, Tanpa Obat

Jumat, Juli 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi ibu hamil alami kontraksi. Foto: Shutterstock
Kontraksi merupakan salah satu tanda ibu hamil akan melahirkan. Mengutip Verywell Family, kontraksi umumnya terjadi saat kehamilan memasuki usia 37 minggu. Kondisi ini terjadi ketika otot-otot di rahim menegang, kemudian kembali rileks. Saat kontraksi, ibu hamil mungkin merasakan perutnya mengeras, lalu kembali melunak saat rahim berelaksasi.
Munculnya kontraksi kerap membuat ibu hamil merasa tak nyaman. Untuk mengatasinya, berikut tips meringankan kontraksi tanpa menggunakan obat sebagaimana dikutip dari Parents.

Tips Meringankan Kontraksi

Ilustrasi ibu hamil menggunakan gym ball untuk meringankan kontraksi. Foto: Blue Planet Studio/Shutterstock
1. Berada di Ruangan yang Nyaman
Bersantai di ruangan yang nyaman setidaknya mampu membantu rasa sakit saat kontraksi. Salah satunya di kamar tidur. Anda juga dapat menyediakan gym ball dan kursi empuk untuk meringankan kontraksi.
2. Cari Dukungan
Saat berada di ruangan bersalin, pastikan Anda dikelilingi oleh orang-orang yang dapat mendukung dan mengatasi rasa sakit akibat kontraksi, seperti suami, bidan atau doula, dokter, dan anggota keluarga lainnya. Dukungan yang tepat dapat membantu mengurangi stres, sehingga Anda dapat mengatasi rasa sakit saat kontraksi.
3. Ceritakan Perasaan Anda
Ilustrasi ibu bersama suami menjelang melahirkan. Foto: Shutter Stock
Saat mengalami kontraksi, Anda mungkin merasakan perasaan yang campur aduk, antara kesakitan dan takut menghadapi persalinan. Jangan ragu untuk menceritakan perasaan Anda pada suami atau dokter, Moms. Hal tersebut dapat memberikan kelegaan, sehingga Anda bisa kembali fokus untuk melahirkan.
4. Latih Pernapasan
Ketika kontraksi mulai muncul, coba atur dan kendalikan napas Anda serileks mungkin. Lakukan ritme napas cepat, sekitar satu kali napas setiap tiga detik selama 20 – 30 menit. Latihan pernapasan ini juga bermanfaat saat Anda melakukan proses melahirkan.
5. Manfaatkan Pancaindera
Ilustrasi ibu hamil meringankan kontraksi dengan mendengarkan musik. Foto: goffkein.pro/Shutterstock
Saat kontraksi, fokus pada hal-hal yang bisa Anda rasakan dengan pancaindera. Misalnya, melihat dan menyentuh tangan suami atau mendengarkan musik yang membuat Anda rileks. Hal-hal yang menenangkan seperti itu dapat mengurangi kesadaran Anda pada kontraksi yang terjadi.
6. Basuh Tubuh dengan Air Hangat
Membasuh tubuh dengan air hangat, terutama pada bagian perut dan punggung, dapat membantu Anda lebih rileks saat kontraksi. Anda juga dapat mengompres perut bagian bawah, selangkangan, punggung bagian bawah, dan bahu dengan kompres hangat. Tak hanya meringankan rasa sakit akibat kontraksi, air hangat juga dapat membantu mempercepat proses persalinan.
7. Terus Bergerak
Ilustrasi ibu hamil. Foto: aslysun/Shuttterstock
Alih-alih berdiam diri, cobalah untuk tetap bergerak saat merasakan kontraksi, Moms. Berjalan pelan, bersandar, menggoyangkan tubuh, dan berjongkok dapat membantu meringankan rasa sakit tersebut.
8. Lakukan Pijat dan Beri Sentuhan Lembut pada Tubuh
Sentuhan yang lembut pada tubuh Anda dapat membantu meringankan rasa sakit akibat kontraksi. Anda juga dapat meminta suami untuk memegang tangan, membelai pipi dan rambut, dan memijat lembut bahu dan punggung Anda.

Sumber : kumparan.com

0 comments: