Ayam Goreng Utuh Lagi Tren, Ada Versi Tradisional dan Korea!

Rabu, Juli 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Instagram Flip Burger

Jakarta - Sesuai namanya, ayam goreng utuh merupakan menu ayam goreng yang disajikan dalam kondisi utuh. Ukurannya yang besar begitu menarik selera. Ayam ini cocok dinikmati beramai-ramai!

Membahas ayam goreng tak pernah ada habisnya. Mulai dari ayam goreng kalasan, ayam kremes, ayam goreng basah khas Sunda, hingga ayam goreng tradisional lain.


Tiap ayam goreng itu diracik dengan bumbu tersendiri yang membuat kenikmatannya istimewa. Biasanya ayam goreng disajikan dalam bentuk potongan kecil untuk porsi personal.

Tapi sebenarnya, ayam goreng juga ada yang disajikan dalam potongan besar karena berupa ayam utuh! Kamu bisa menikmati bagian kepala, leher, hingga cekernya sekaligus!

Ayam ini diberi bumbu tradisional hingga diolah seperti fried chicken ala Korea Selatan. Semuanya mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia.

Sajian ayam kremes yang disajikan di restoran Pawon Jogja di kawasan Jakarta Selatan. Foto: dok. detikFood

Ayam goreng utuh bumbu tradisional biasanya berupa ayam goreng kremes. Kehadiran kremes yang renyah gurih membuat ayam goreng ini istimewa.

Kremesan dibuat dari adonan tepung plus air ungkepan ayam yang digoreng kering. Teksturnya ada yang berpasir dan seperti serabut-serabut renyah.

Lalu ada juga ayam goreng utuh berbumbu kalasan. Jenis ayam goreng ini populer di Yogyakarta. Konon diperkenalkan oleh Mbok Berek yang berasal dari Kecamatan Kalasan.

Ciri khas ayam kalasan adalah rasanya yang gurih manis karena dibumbui gula aren dan air kelapa. Ayam kalasan yang memakai ayam utuh ini biasanya jadi menu santap bersama keluarga.

Kalau mau coba yang modern, coba ayam goreng utuh yang belakangan viral. Ayam goreng ini konon terinspirasi dari sajian Korean Flying Chicken yang lebih dulu populer di Korea Selatan.

Ayam bakal digoreng hingga kuning keemasan. Biasanya berjenis fried chicken di mana bagian luarnya juga dilapisi tepung yang renyah.

Fried chicken yang bentuknya utuh sempat jadi tren kuliner belum lama ini. Foto: detikcom/Diah Afrilian

Beberapa gerai fast food di Jakarta menjual menu ayam goreng utuh ala Korea ini. Misalnya Flip Burger yang memperkenalkan menu 1 Ekor Flip Fried Chicken yang bisa ditambahkan saus pedas.

Lalu ada juga ayam goreng utuh keluaran Richeese Factory bernama Fire Flying Chicken. Ayam goreng ini bisa disajikan dengan saus ekstra pedas yang khas dari Richeese.


Sumber : detik.com

0 comments: