Bagaimana Sebaran Penduduk Benua Asia? Seperti Ini Penjelasannya

Selasa, Juli 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Google Earth

Jakarta - Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak di Benua Asia. Benua Asia memiliki luas wilayah 44,58 juta km2 dan menjadi yang terluas di antara benua-benua lainnya. Akan tetapi, bagaimana sebaran penduduk Benua Asia?

Sebelum menjawab mengenai pertanyaan tersebut, kamu harus mengetahui beberapa hal mengenai benua Asia. Secara astronomis, letak Benua Asia berada di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Sedangkan secara geografis, Benua Asia berada di antara Benua Eropa dan Australia juga di antara Samudra Arktik, Hindia, dan Pasifik.


Adapun batas Benua Asia meliputi:

· Sebelah utara: Samudra Arktik
· Sebelah barat: Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural
· Sebelah timur: Samudra Pasifik, Laut Bering
· Sebelah selatan: Samudra Hindia
· Batas Benua Asia dan Benua Afrika: Laut Merah, Terusan Suez
· Batas Benua Asia dan Benua Eropa: Pegunungan Ural, Laut Merah
· Batas Benua Asia dan Benua Australia: Kepulauan Maluku, Papua Nugini

Sebaran Penduduk Benua Asia

Melansir dari buku Geografi Regional Dunia (2020) bahwa sebaran penduduk Benua Asia dibagi menjadi lima, yaitu Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Barat, dan Asia Selatan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Asia Tenggara
Asia Tenggara memiliki luas daratan sekitar 4.817.000 km² dan perairan laut Asia Tenggara sekitar 5.060.100 km2. Kawasan Asia Tenggara dilewati garis khatulistiwa (ekuator) dan juga garis balik utara. Asia Tenggara terbagi dalam dua kelompok yaitu Asia Tenggara Daratan (Indocina) dan Asia Tenggara Kepulauan.

Adapun negara-negara Asia Tenggara Daratan (Indocina), seperti Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan juga Vietnam. Sedangkan negara di Asia Tenggara Kepulauan yaitu Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Sebaran penduduk di Asia Tenggara memiliki berbagai suku bangsa atau ras, seperti Khmer (Kamboja), Burma (Myanmar), Thai (Thailand), Melayu (Brunei dan Malaysia), Jawa (Indonesia), dan Tionghoa (Singapura).

2. Asia Tengah
Asia Tengah membentang dari barat yaitu Laut Kaspia sampai di timur yaitu China, serta dari Afghanistan di selatan hingga Rusia di utara. Kawasan Asia Tengah ini juga sering disebut sebagai Black Hole, karena merupakan bekas jajahan dan kekuasaan dari banyak rezim-rezim penguasaan seperti China, Mongolia, Islam, Budha, Ottoman dan lain-lain.

Kemudian, Asia Tengah memiliki luas sekitar 9.029.000 km2 dan memiliki lima negara yaitu Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Sebaran penduduk di Asia Tengah memiliki banyak suku atau etnis, mulai dari Uyghur, Tajik, Uzbek, Azerbaijan, hingga Turki.

3. Asia Timur
Asia Timur memiliki luas geografis hingga 11.840.000 km2 dan total memiliki penduduk hingga 1,5 miliar jiwa. Kawasan Asia Timur memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, sehingga negara yang terhimpun di dalamnya memiliki nilai pertumbuhan ekonomi yang lebih maju daripada negara-negara di benua Asia lainnya.

Ada beberapa negara besar di Asia Timur, seperti China (Tiongkok), Jepang, Mongolia, Korea Utara, Korea Selatan, dan Taiwan. Mayoritas suku bangsa atau etnis yang mendiami Asia Timur adalah ras Asiatic Mongoloid, Malayan Mongoloid, dan American Mongoloid.

4. Asia Barat
Asia Barat atau sering disebut sebagai kawasan Timur Tengah, karena kawasan ini berada di tengah belahan bumi timur. Keadaan alam Asia Barat cenderung tandus dan kering karena intensitas hujan yang rendah. Asia Barat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

· Levant (Syam), wilayah ini meliputi Lebanon, Suriah, Yordania, Palestina, Israel, Irak, Turki dan Siprus
· Semenanjung Arab, wilayah ini meliputi Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Qatar, Persatuan Emirat Arab, Oman danYaman
· Kaukasus, wilayah ini meliputi Azerbaijan, Armenia dan Georgia
· Hamparan Iran, wilayah ini hanya meliputi Iran

5. Asia Selatan
Asia selatan pada dasarnya adalah kawasan yang terletak pada bagian selatan benua Asia dan secara astronomis berada pada 26º LU, 48º LS, dan 67º BT-125º BT. Sedangkan secara geografi Asia Selatan berbatasan dengan Asia Tengah pada bagian utara, Asia Timur pada bagian timur, Asia Tenggara pada bagian tenggara.

Adapun negara-negara yang berada di Asia Selatan, seperti India, Afghanistan, Pakistan, Nepal, hingga Bangladesh. Suku bangsa dari Asia Selatan juga sangat plural, seperti suku Santhal, Andaman, Sentinel, Weddan, dan masih banyak lagi.

Kesimpulannya, sebaran penduduk Benua Asia dibagi ke dalam lima daerah, yaitu Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Barat, dan Asia Selatan. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan detikers ya.

Sumber : detik.com

0 comments: