Berapa Biaya ke Labuan Bajo? Destinasi Wisata yang Sedang Gencar Digenjot Jokowi

Jumat, Juli 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Berapa Biaya ke Labuan Bajo? Destinasi Wisata yang Sedang Gencar Digenjot Jokowi
Labuan Bajo (Pixabay/bowoikh)

Suara.com - Biaya ke Labuan Bajo jadi salah satu tujuan wisata yang sedang digenjot pemerintah. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam keterangannya saat meninjau Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata di Kampung Baru, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Jokowi juga mengatakan bahwa penataan kawasan itu bertujuan agar masyarakat sekitar bisa menerima manfaat dari pariwisata di Labuan Bajo.

Labuan Bajo sendiri merupakan salah satu kota yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk pergi ke Labuan Bajo?

Ada beragam pilihan paket wisata yang bisa dicoba ketika berlibur ke Labuan Bajo. Paket ini bisa meliputi tur menggunakan kapal open deck yang dibanderol dengan harga Rp 600 ribu untuk satu hari.

Jika wisatawan ingin menggunakan kapal speed boat, ada beberapa pilihan paketnya bergantung durasi persewaan. Persewaan speed boat ini dibanderol dengan harga Rp 1,3 juta hingga Rp 1,17 juta per hari. Sementara untuk trip speed boat 2 hari 1 malam adalah Rp 1,75 juta, dan untuk trip 3 hati 2 malam dipatok harga Rp 2,5 juta untuk satu orangnya.

Paket tersebut mencakup secangkir kopi atau teh, paket snorkeling, pemandu wisata, camilan dan buah-buahan lokal, kotak bekal makan siang, speedboat, transportasi pp hotel-pelabuhan, dan air mineral.

Jika Anda ingin berlibur dengan budget yang lebih murah, ada juga pilihan lainnya yang tentu saja dengan fasilitas sesuai harga.

Ada beberapa agen perjalanan yang menyewakan trip mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,375 juta menggunakan kapal privat

Sementara untuk tur keliling beberapa kota di NTT yakni Labuan Bajo, Flores, dan Wae Rebo dipatok harga Rp 310 per orang.

Untuk akomodasi penginapan, wisatawan bisa memilih beberapa hotel sesuai budget mulai dari harga Rp 120 ribu per malam hingga puluhan juta rupiah per malam.

Biaya masuk Labuan Bajo

Adapun biaya masuk Labuan Bajo yang berupa Pulau Komodo dan Pulau Padar menjadi Rp3,75 juta per orang mulai 1 Agustus 2022 mendatang. Hal tersebut diputuskan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tarif ini berlaku untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Penetapan biaya masuk ke Pulau Komodo sebesar Rp3,75 juta itu telah melalui hasil kajian akademik para ahli lingkungan.

Tepatnya dari IPB Bogor dan Universitas Indonesia yang diminta secara khusus Pemerintah NTT untuk mengkaji carrying capacity di Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Hasil kajian yang dilakukan para ahli itu menunjukkan adanya penurunan nilai jasa ekosistem di kedua pulau tersebut sehingga perlu diadakan konservasi untuk menutupi kerusakan ataupun jasa ekosistem ini.

Pemda juga membatasi kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo, yakni hanya 200.000 per tahun, karena selama ini kunjungan mencapai 300.000-400.000 wisatawan yang memiliki dampak negatif terhadap keberlangsungan ekosistem di kawasan wisata tersebut.

Tarif masuk itu sendiri nantinya digunakan untuk biaya konservasi, biaya pemberdayaan masyarakat lokal, biaya peningkatan capacity building bagi pelaku pariwisata, serta biaya pemantauan dan pengamanan.

Jadi, total biaya perkiraan yang perlu dipersiapkan untuk pergi liburan ke Labuan Bajo, khususnya Pulau Komodo dan Pulau Padar mulai dari Rp4,5 juta per orang.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik mengunjungi Labuan Bajo untuk mengisi waktu liburan nanti?


Sumber : suara

0 comments: