Cara Menunjukkan Bukti Daftar MyPertamina Tanpa HP, Cukup Kasih Kode Ini

Sabtu, Juli 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Cara Menunjukkan Bukti Daftar MyPertamina Tanpa HP, Cukup Kasih Kode Ini
Tunjukkan QR Code MyPertamina Tanpa Ponsel, Bagaimana Caranya? (Dok. Pertamina)

PT Pertamina (Persero) sudah menerapkan pembelian Pertalite dan Solar dengan aplikasi MyPertamina sejak Jum'at (1/7/2022). Tujuan program ini agar bahan bakar minyak (BBM) subsidi bisa lebih tepat sasaran. Program ini baru diperuntukkan bagi pemilik kendaraan roda empat. Mereka yang ingin membeli Pertalite dan Solar di SPBU harus terdaftar dan menunjukkan QR Code yang tersimpan di aplikasi atau email. Lalu, apakah ada cara menujukkan bukti mendaftar MyPertamina tanpa HP?

Sebelum itu, PT Pertamina Patra Niaga membuka pendaftaran kendaraan dan identitasnya di situs MyPertamina per 1 Juli 2022. Dari sana, pengguna akan menerima QR Code yang bisa digunakan untuk pembelian BBM Subsidi di SPBU Pertamina.

Menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, tahapan pendaftaran untuk membeli Pertalite dan Solar tidak sulit. Cukup unduh aplikasi MyPertamina di Google Play Store atau App Store.

Bisa juga dengan mengakses situs subsiditepat.mypertamina.id dan siapkan dokumen yang dibutuhkan. Adapun syarat yang diperlukan berupa KTP, STNK kendaraan, foto kendaraan, alamat email, dan dokumen lain sebagai pendukung.

Jika seluruh syarat sudah dipenuhi, pengguna bisa klik 'daftar sekarang' dan ikuti arahan selanjutnya. Nah, data yang telah didaftarkan akan dicocokan atau diverifikasi. Tunggu maksimal 7 hari kerja.

Alfian menjelaskan, jika semuanya sudah sesuai, maka pengguna tersebut akan dinyatakan terdaftar dan menerima QR Code melalui email, atau melalui notifikasi di website.

Namun, jika ada kekurangan atau ketidakcocokan dokumen, silahkan mencoba kembali untuk mengisi data kendaraan dan identitasnya sesuai arahan notifikasi tersebut.

Untuk membeli Pertalite dan Solar, masyarakat wajib menunjukkan QR Code. Bisa dilakukan dari aplikasi MyPertamina di ponsel atau diprint out (dicetak) dan dibawa ke SPBU ketika ingin melakukan pengisian.

QR Code tersebut kemudian akan dicocokkan datanya oleh operator SPBU. Jadi, masyarakat yang tidak mempunyai ponsel pintar tidak perlu khawatir dan tetap bisa melakukan pengisian BBM dengan cara mencetak kode tersebut.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, tahapannya sangat mudah, yang penting memastikan sudah daftar dan memastikan datanya sudah terkonfirmasi. Jika sudah menerima QR Code, maka transaksi akan berjalan seperti biasa," jelas Alfian.

Pada tahap awal, daerah yang memberlakukan program ini adalah Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjarmasin, Yogyakarta, dan Manado.

Sementara itu, untuk kota lain, pendaftaran akan dilakukan secara bergilir mengingat masih diperlukan kesiapan infrastruktur dan sistem, serta mengakomodir kendaraan baru yang dibeli masyarakat.

Sumber : Suara.com

0 comments: