Daftar Budaya Suku Jawa yang Dikenal hingga Keluar Negeri

Selasa, Juli 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Daftar Budaya Suku Jawa yang Dikenal hingga Keluar Negeri. (Foto: Fahmi Ramadhan | Unsplash.com)

Jawa merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia dengan penduduk terbanyak di bumi khatulistiwa. Populasi suku Jawa di Indoneisa sekitar delapan puluh juta jiwa. Populasi yang banyak membuat budaya Jawa beragam. Tak mengherankan jika banyak budaya suku Jawa yang dikenal hingga keluar negeri. Budaya Jawa dapat dibagi menjadi tiga, yakni budaya Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Banyumasan.

Salah satu hal yang membuat kebudayaan Jawa terkenal adalah menjunjung tinggi kesopanan. Budaya Jawa mengutamakan keselarasan, keseimbangan, dan keserasian dalam kehidupan setiap hari.

Daftar Budaya Suku Jawa yang Dikenal hingga Keluar Negeri

Ilustrasi Beberapa Daftar Budaya Suku Jawa yang Dikenal hingga Keluar Negeri. (Foto: Camille Bismonte | Unsplash.com)
Mengutip buku berjudul Setangkai Bunga Sosiologi Edisi Pertama karya Selo Soemardjan dan Soemardi, Herskovits (1964:115) memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun-temurun dari satu generasi ke generasi lainnya. Kebudayaan di Jawa sudah ada sejak zaman dahulu dan tetap dipertahankan originalitasnya hingga hari ini.
Lalu apa saja budaya suku Jawa yang dikenal hingga keluar negeri? Simak pembahasannya di bawah ini.
  1. Wayang Kulit
    Wayang kulit adalah salah satu budaya suku Jawa yang dikenal hingga keluar negeri. Wayang kulit merupakan pertunjukan yang menggunakan figur berbahan kulit untuk merepresentasikan tokoh pewayangan. Wayang kulit dimainkan oleh seorang Dalang dan dipandu musik gamelan serta sinden. Wayang Kulit sudah diakui oleh UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity asal Indonesia pada tahun 2003.
  2. Gamelan
    Gamelan merupakan salah satu alat musik khas Indonesia. Pada pagelaran wayang atau sendra tari, gamelan selalu menjadi musik pengiring. Tanpa disangka, musik tradisional Indonesia yang satu ini juag dipelajari di beberapa universitas di luar negeri. Pada tahun 1983, Cambridge University di Inggris mendapatkan satu pake gamelan dari pemerintah Indonesia. Mereka kemudia membuat komunitas bernama Gamelan Duta Laras. Selain itu, University of Minnesota, Lawrence University, The University of Melbourne, dan Chikushi Jogakuen University menjadikan gamelan sebagai komunitas bahkan mata kuliah.
  3. Batik
    Siapa yang tidak kenal batik? Batik merupakan kain yang dilukis menggunakan lilin atau malam dan pewarna khusus khas Indonesia. Batik sendiri telah ditetapkan sebagai Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009. Tak mengehrankan jika batik menjadi oleh-oleh wajib bagi turis asing yang datang ke Indonesia.
Demikian beberapa daftar budaya suku Jawa yang dikenal hingga keluar negeri. Sebagai masyarakat Indonesia, sudah sepantasnya kita bangga dan ikut melestarikan kebudayaan lokal. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan kalian mengenai kebudayaan Indonesia ya. (FAR)

Sumber : kumparan.com

0 comments: