Festival Budaya Jawa Timur, Meriah Tiap Satu Tahun Sekali

Rabu, Juli 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Festival Budaya. Foto: Pixabay
Budaya di Indonesia begitu beragam, unik, dan menarik untuk ditelusuri. Karena itu budaya kesenian Indonesia harus senantiasa dijaga dan dilestarikan. Yang menjadi persoalan adalah bagaimana membawa budaya menjadi terkenal di semua kalangan layaknya hiburan lain, semacam film atau lagu.
Nah, persoalan itu dijawab dengan salah satu cara, yaitu mengadakan beragam festival yang memperkenalkan budaya Indonesia. Festival sendiri bermacam-macam jenisnya, namun yang menjadi kesamaan adalah pastinya festival selalu menarik dan sangat sayang jika dilewatkan.
Makanya, selagi festival masih kerap diadakan di daerah kalian, yuk kunjungi dan nikmati hiburan yang mengandung nilai-nilai budaya.

Festival Budaya Jawa Timur

Ilustrasi Festival Budaya. Foto: Pixabay
Nah, khusus buat masyarakat Jawa Timur, atau kamu yang sedang berencana liburan ke Jawa Timur. Ada sejumlah festival tahunan yang meriah dan bisa kamu kunjungi. Yuk, simak rekomendasinya.

1. Jember Fashion Carnaval

Jika rakyat Jakarta sedang ramai dengan Citayam Fashion Week, Jawa Timur juga punya lho peragaan busana, yaitu Jember Fashion Carnaval yang bergengsi, bahkan hingga dikenalkan ke ajang-ajang dunia seperti Miss Universe sebagai representasi budaya Indonesia.
Di Jember Fashion Carnaval, peserta akan tampil memamerkan busana mereka yang unik dan mencerminkan tren busana sesuai tema. Jember Fashion Carnaval dimulai pada tahun 2003 dan diadakan setiap pertengahan tahun. Namun, saat pandemi COVID-19 melanda, pagelaran ini dilaksanakan secara virtual.
Nah kabar gembiranya, pada tahun ini Jember Fashion Carnaval akan kembali diadakan secara offline, pada 6-7 Agustus. Sebentar lagi, lho! Masyarakat Jember jangan sampai melewatkannya, ya.

2. Jatim Specta Night Carnival

Jatim Specta Night Carnival juga diadakan setiap tahun, tapi lokasinya tidak menentu. Tiap tahun, pagelaran ini akan berpindah-pindah ke salah satu kota di Jawa Timur.
Sesuai dengan namanya, festival ini dilaksanakan pada malam hari dan dimeriahkan oleh berbagai penampilan kesenian budaya. Berhiaskan lampu kelap-kelip, pagelaran ini sangat indah dan wajib dikunjungi.

3. Festival Yadnya Kasada

Festival yang satu ini cukup berbeda, karena tidak bernuansa meriah, melainkan mistis. Festival Yadnya Kasada dilaksanakan di Gunung Bromo Tengger setiap hari ke-14 bulan Kasada dalam kalender Jawa.
Dalam festival ini, warga Tengger yang beragama Hindu akan melemparkan sesaji ke kawah Gunung Bromo. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk syukur warga atas melimpahnya hasil panen dan ternak.
Festival ini tidak hanya bermakna bagi masyarakat sekitar tapi juga menarik perhatian banyak wisatawan.

4. Malang Flower Carnival

Festival yang satu ini hampir mirip dengan Jember Fashion Carnaval, yaitu peragaan busana. Namun, Malang Flower Carnival hanya menampilkan busana yang ada unsur bunganya, bahan-bahannya juga harus merupakan bahan daur ulang.
Bersumber dari parekraf.info, Malang Flower Carnival telah 38 kali mewakili Indonesia dalam pagelaran budaya dan pariwisata berkancah internasional di berbagai negara. Jadi sudah tidak diragukan bukan betapa kerennya Malang Flower Carnaval ini?

5. Festival Gandrung Sewu

Festival Gandrung Sewu merupakan festival tahunan yang diadakan di Banyuwangi sejak tahun 2012 hingga kini. Festival ini menyuguhkan penampilan budaya para penari dan pemusik melakukan Tari Gandrung, tari khas Banyuwangi. Tarian tersebut memiliki makna rasa syukur masyarakat terhadap apa yang sudah mereka peroleh.
Setiap tahun, festival ini memiliki tema yang berbeda-beda, dengan tujuan ingin menunjukkan eksistensi budaya dan seni suku Osing di Banyuwangi. Kamu wajib banget datang dan menyaksikan betapa meriahnya tarian kolosal yang tersaji dalam festival ini.
Nah, itu dia sejumlah festival budaya di Jawa Timur yang menarik banget untuk dikunjungi. Jika kamu wisatawan, jangan sampai melewatkan festival yang hanya sekali setahun tersebut.

Sumber : kumparan.com

0 comments: