Festival Pesta Bunga dan Buah Tanah Karo, Sumatera Utara

Selasa, Juli 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Festival merupakan pesta besar atau acara meriah yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu. Festival juga bisa diartikan dengan hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting atau bersejarah atau pesta rakyat. Festival Bunga dan Buah digelar sejak 1980-an yang meningkatkan kunjungan wisatawan. Festival Bunga dan Buah diadakan setiap tahun tetapi selama 2 tahun belakangan ini festival Bunga dan Buah ditiadakan karena covid dan pemberlakuan social distancing di Tanah Karo.


Festival Bunga dan Buah tersebut diadakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 01 Juli sampai dengan 03 Juli 2022 yang dihadiri oleh bapak Gubernur Edy Rahmayadi dan bapak Wakil Gubernur H.Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum serta ibu Bupati Cory Sriwaty Sebayang dan bapak Wakil Bupati Theopilus Ginting.

Festival Bunga dan Buah adalah sebuah pesta yang dilaksanakan untuk mengucap syukur kepada Tuhan karena telah memberikan masyarakat Karo tanah yang subur sehingga dapat menghasilkan sayur sayuran dan buah buahan yang berlimpah. Tanah Karo merupakan penghasil bunga dan buah yang sudah mendunia. Disini lah momen kegiatan di mana masyarakat Kabupaten Karo menunjukkan hasil pertanian nya.
Dengan kembali digelarnya Festival Bunga dan Buah ini, langsung disambut antusias oleh masyarakat terutama yang tinggal di Kabupaten Karo. Melihat antusias warga, kita berharap masyarakat bisa menikmati ajang pesta rakyat ini dan membangkitkan semangat para petani di Kabupaten Karo dalam meningkatkan hasil pertaniannya baik bunga dan buah. “Kami akan terus mendukung seluruh kegiatan di Kabupaten/Kota dalam upaya membangkitkan ekonomi rakyat. Acara pesta bunga dan buah diadakan langsung Di Berastagi Tanah Karo, pada tanggal 1 Juli 2022 sampai 3 Juli 2022.Pada tanggal 1 Juli diadakan Pembukaan Festival Bunga dan Buah Berastagi Tanah Karo dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Uno. Festival Bunga dan Buah mengadakan berbagai kompetisi semisal marching band, mobil hias dan video reels. Ada juga senam kreasi competition, tari kreasi multi etnis competition, vocal solo competition, fashion show bunga & buah.

Nantinya, setelah tiba Di Berastagi para peserta pawai akan bergabung dengan peserta karnaval lainnya di Tugu Kol Berastagi. Peserta karnaval dan peserta pawai lainnya akan berjalan menuju Taman Mejuah Juah Di Berastagi. Selanjutnya peserta pawai dengan berbagai menghias mobil dengan buah-buahan dan bunga akan dipamerkan di Taman Mejuah Juah Di Berastagi selain itu di Taman Mejuah Juah juga diadakan makan buah secara gratis dan di sana juga terdapat hiasan buah dan sayur di menara yang sudah disedikan di dalam Taman Mejuah Juah tersebut, selain memamerkan hasil karya menghias mobil di Taman Mejuah Juah juga memperkenalkan berbagai pakaian-pakaian adat beserta makanan khas seperti cimpa tuang dan cimpa unung unung yang ada di Tanah Karo.


Acara Pesta Bunga dan Buah Di Berastagi sangat diramaikan oleh masyarakat Tanah karo bahkan pengunjung dari luar Tanah Karo juga banyak yang ikut meramaikan acara Festival Bunga dan Buah Di Berastagi .Tanah Karo mulai dari Kota Medan, Siantar bahkan ada yang dari Samosir Danau Toba.
Acara Festival Bunga dan Buah juga diramaikan oleh beberapa Artis Karo yang sudah dipersiapkan untuk memeriahkan acara tersebut. Mulai dari hari pertama sampai hari penutupan acara Festival Bunga dan Buah Berastagi masyarakat masih ramai menghadiri acara tersebut. Sampai hari ke tiga yaitu hari penutupan acara Festival Bunga dan Buah Bupati Tanah Karo masih hadir untuk menutup acara tersebut karena acara Festival Bunga dan Buah sudah selesai diadakan selama 3 hari yang berlangsung dengan sangat ramai dan seru. Minggu 3 Juli 2022 Festival Bunga dan Buah Sudah sah selesai diselenggarakan dan ditutup langsung dengan Bupati Tanah karo Ibu Cory Sriwaty Sebayang dan bapak Wakil Bupati Theopilus Ginting.
Harapan kami acara Festival Bunga dan Buah Berastagi terus diadakan setiap tahunnya, karena Festival ini sangat bermanfaat dan dapat membangkitkan hasil panen buah buahan dan sayur sayuran Di Kabupaten Karo

Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: