Galaksi Hantu Berhasil Direkam Teleskop James Webb, Begini Penampakannya

Selasa, Juli 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Galaksi hantu berhasil direkam teleskop james webb, begini penampakannya (Foto: Twitter/@gbrammer)

 Teleskop luar angkasa James Webb telah resmi beroperasi. Kini semakin banyak momen menakjubkan di luar angkasa yang berhasil terekam, salah satunya adalah Galaksi Hantu.

Disadur dari Metro, Selasa (26/7/2022), Galaksi Hantu (Phantom Galaxy0 berhasil dipotret oleh Gabriel Brammer yang telah memotret pemandangan luar angkasa selama satu dekade. Ia menemukan Galaksi Hantu beberapa hari lalu.

Gambar galaksi bercahaya menakutkan, didasarkan pada data yang dikumpulkan hampir satu juta mil jauhnya dari Bumi menggunakan instrumen inframerah-tengah observatorium (MIRI).

Para ilmuwan percaya bahwa Galaksi Hantu ini memiliki lubang hitam bermassa menengah yang tertanam di jantungnya.

"Saya telah melakukan ini selama 10 tahun, dan sekarang data [Webb] baru, berbeda, dan menarik," kata Schmidt.

Gambar Galaksi Hantu menyoroti jalur debu di galaksi, yang lebih dikenal sebagai NGC 628 atau Messier 74. Beberapa astronom menganggapnya sebagai 'spiral sempurna' karena galaksi sangat simetris.

Galaksi telah dicitrakan secara profesional berkali-kali sebelumnya, termasuk oleh observatorium luar angkasa seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble dan Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE).

Pekan lalu, Gabriel Brammer, seorang profesor di Universitas Kopenhagen, menyusun dan membagikan gambar yang menunjukkan galaksi Messier 74.

Sejak teleskop James Webb beroperasi memang banyak momen indah di luar angkasa yang berhasil ditangkap.

Gambar-gambar terbaru dari teleskop James Webb sendiri berbeda dari gambar galaksi sebelumnya karena rentang inframerah-tengah yang menyoroti debu kosmik, bersama dengan kekuatan cermin heksagonal 18-segmen yang unik dan lokasi luar angkasa.

Teleskop James Webb NASA telah menangkap bidikan galaksi nebula yang menakjubkan yang terletak ribuan bahkan miliaran tahun cahaya dari Bumi. Beberapa di antarnya telah disiarkan ke dunia.


Sumber : okezone.com

0 comments: