Hal yang Bisa DilakukanAgar Bau Sambal Terasi Tidak Menyebar

Jumat, Juli 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Hal yang Bisa DilakukanAgar Bau Sambal Terasi Tidak Menyebar
suara.com

Sambal terasi merupakan pelengkap makanan yang banyak disukai. Pada saat pembuatan sambal terasi, aroma menusuk tercium.

Hal ini membuat banyak orang merasa terganggu dengan aromanya. Namun, sambal terasi merupakan salah satu yang dirindukan saat jauh dari tanah air.

Melalui sebuah akun TikTok @rizadanmonikaa, seorang wanita asal Indonesia yang tinggal di Turki, berbagi cara yang ia lakukan saat hendak membuat sambal terasi di rumah.

Ia memutuskan untuk membuat sendiri sambal terasi namun berusaha membuat aroma yang tercium di rumah seminimal mungkin. Pertama, terasi utuh ia goreng di minyak panas dan dengan segera dirinya menutup penggorengan. Ia lantas membawa penggorangan ke balkon, karena jika tetap di dapur aromanya bisa bertahan cukup lama. Sesudah itu terasi langsung ditumbuk hingga halus dan dimasukkan ke dalam sambal yang sudah terlebih dulu dibuat.

Sambal itu lalu ia aduk dan dengan cepat ditutup karena aroma semerbak terasi sudah mulai tercium. Selanjutnya wanita ini menumis bawang bombay hingga matang dan harum, yang kemudian ia bawa keliling rumah. Hal ini dilakukan agar aroma bombay goreng bisa menutup bau terasi yang sudah tercium lebih dulu.

"Setelah kehitaman gini aku bawa keliling dalam rumah biar bau bawangnya menyebar dan bau terasi hilang," ujarnya di akhir video.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi video tersebut. Hingga Kamis (14/7/2022), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 8 juta kali di TikTok.

"Bawa bawang keliling rumah udah kayak ritual aja wkwk," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Sedikit tips, lebih baik dikukus terasinya. Nggak bau dan awet banget. Tinggal masukin toples kedap udara," ujar warganet ini.

"Kak beli sambal terasi yang instan aja please. Repot banget lihatnya. Capek, kasihan," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sumber : Suara.com

0 comments: