HUT Kota Kediri, Sajikan Ritual Adat Hingga Nite Carnival

Jumat, Juli 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Dok Pemkot Kediri

Kediri - Kota Kediri, Jawa Timur, kini berusia 1143. Di Hari Jadi Kota Kediri yang ke-1143 ini mengambil tema Bangkit Bareng. Tema tersebut dengan harapan bisa membawa Kota Kediri bangkit dari pandemi Covid-19 ini.

Beragam acara telah disiapkan dalam menyambut event kali ini. Tak hanya diramaikan oleh jajaran pemerintah kota, tapi juga melibatkan masyarakat secara langsung. Beberapa event yang digelar pun skala nasional.

Acara itu di antaranya doa bersama antarumat beragama,ritual adat Manusuk Sima. Ada juga Festival Exsplorasa, yang menyajikan beragam kuliner, Kediri Nite Carnival yakni karnaval dengan peserta dari berbagai unsur.

Ada juga Kelud Uphill Challenge, lomba E-sport, kegiatan Kota Kediri Bersholawat dan sejumlah agenda lainnya.

Beragam acara lainnya juga sudah siap digelar hingga Agustus 2022 di sejumlah lokasi wilayah Kota Kediri, termasuk ritual Manusuk Sima. Ritual ini digelar di Taman Tirtoyoso, Kota Kediri. Acara juga disiarkan secara langsung lewat jejaring sosial termasuk kanal YouTube Kediri Tourism.

Prosesi Upacara Manusuk Sima ini menandakan berdirinya Kota Kediri. Diawali dengan mengarak prasasti Kwak, dilanjutkan dengan persembahan Tarian Budoyo Manusuk Sima karya dari Sanggar Budaya Nusantara, yang merupakan tari penyambutan para tamu undangan.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan ritual Manusuk Sima ini digelar setiap tanggal 27 Juli. Ritual ini sudah dimulai dari zaman kerajaan dahulu.

Informasi berdirinya Kota Kediri ini berasal dari Prasasti Kwak yaitu pada Senin Legi 27 Juli tahun 879. Dusun Kuwak ditetapkan sebagai tanah sima atau daerah perdikan. Sejak masa lampau, tanah Kuwak Kediri ini sangat subur karena dialiri Patirtan Tirtoyoso.

"Karena kesuburan dan letaknya yang strategis, Kediri menjadi salah satu pusat peradaban dan perputaran ekonomi sejak masa lalu," kata Wali Kota Kediri saat memberikan sambutan dalam acara itu, Rabu.

Pemerintah Kota Kediri juga berkolaborasi dengan lembaga amal "Si Jamal" serta Siswa Siaga Bencana (Sigabta) SMAN 7 Kediri membagikan paket bahan pokok untuk masyarakat yang kurang mampu.

Bantuan itu diberikan kepada pejuang jalanan, seperti tukang parkir, pedagang kaki lima, pengatur lalu lintas, tukang sampah dan penyapu jalan. Ada 1.143 paket bantuan berupa makanan siap saji untuk mereka.

Kegiatan lainnya juga sudah siap digelar sesuai dengan jadwal. Masyarakat pun dapat berpartisipasi dalam acara ini, ikut serta maupun bisa melihat lewat media sosial. Jangan lupa hadir serta dalam event Hari Jadi Kota Kediri, catat tanggalnya ya! * PKP *



Sumber : okezone.com

0 comments: