IADO Ikut Ramaikan ASEAN Para Games 2022, Lakukan Tes Doping kepada Para Atlet

Kamis, Juli 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

IADO lakukan tes doping kepada para atlet ASEAN Para Games 2022 (Foto: Instagram/@aseanpg22)

JELANG ASEAN Para Games 2022, yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah, Indonesia terus berbenah diri. Selain menyiapkan venue serta fasilitas penunjang lainnya, tuan rumah pun menggandeng IADO (Indonesia Anti-Doping Organisation), untuk melakukan doping control kepada para atlet dari seluruh kontingen.

Seperti yang telah diketahui, kota Solo dipercaya untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun ini. Nantinya, kejuaraan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

IADO

Dalam rilis yang diterima MNC Portal Indonesia, IADO bekerja sama dengan APC (Asian Paralympic Committee) dan APSF (ASEAN Para Sport Federation), untuk menyukseskan ajang ajang tersebut. Nantinya, IADO akan menurunkan 27 DCO (Doping Control Officer), 1 BCO dan 33 Chaperone (pendamping DCO), yang berpengalaman di turnamen internasional.

Petugas bakal melakukan doping control terhadap 10 hingga 15 persen atlet yang berlaga di ASEAN Para Games 2022. Berbagai persiapan pun hingga kini sudah dilakukan oleh semua pihak.

Selain itu, metode pengambilan sampel akan menggunakan urin serta darah atlet yang akan diperiksa. IADO pun berhak melakukan pengambilan sample tanpa pemberitahuan dulu bagi semua pihak yang sudah sering diterapkan.

Untuk diketahui, ini bukan pertama kali bagi IADO melakukan tes anti-doping kepada para atlet yang bertanding di Indonesia. Sebelumnya, Hal serupa juga dilakukan pada ajang Indonesia Masters 2022, Indonesia Open 2022, dan FIBA Asia Cup 2022.

Untuk melakukan hal tersebut, IADO pun akan mematuhi segala kewajiban yang telah terikat dengan World Anti-Doping Code. Nantinya, IADO pun akan dilakukan audit oleh WADA (World Anti-Doping Agency).

ASEAN Para Games 2022

Sebelumnya, IADO beserta pihak-pihak lainnya pun telah melakukan edukasi terlebih dahulu kepada semua kontingen. Dengan harapan tidak ada kasus ditemukan penggunaan doping oleh atlet ASEAN Para Games 2022.

Sumber : okezone.com

0 comments: