Manten Kucing, Ritual Pernikahan Palsu dan Mandi di Mata Air Suci Demi Turun Hujan

Kamis, Juli 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tradisi Manten Kucing, (Foto: Twitter @blogtolkien)

MASYARAKAT Indonesia memiliki banyak tradisi unik, salah satunya kepercayaan masyarakat, mengenai bagaimana cara menurunkan hujan bermacam-macam. Contohnya di Tulungagung, Jawa Timur, sebagian dari warganya percaya jika memandikan kucing bisa membantu menurunkan hujan.

Kepercayaan klasik ini dikisahkan unggahan akun Twitter bernama @BlogTolkien baru-baru ini. Putri Prihatini, nama pemilik akun, menyebutkan keyakinan ini bisa ditemui di Desa Palem, Tulungagung, Jawa Timur.

"Penduduk desa Pelem di Tulungagung, Jawa Timur, memiliki ritual turun hujan yang disebut Manten Kucing atau pernikahan kucing," kata Putri di awal cerita.

Ia melanjutkan, masyarakat mengadakan prosesi pernikahan palsu bagi si kucing sebelum akhirnya pengantin kucing itu dimandikan di mata air suci. Semua tindakan ritual ini mengikuti perintah tetua desa yang dipercaya oleh warga.

Dari foto-foto yang diunggah @BlogTolkien , terlihat orang yang bertugas memegangi kucing yang akan dimandikan pun mengenakan busana pengantin ala Jawa di dalam acara pernikahan kucing tersebut.

(Foto: Twitter @BlogTolkien)

Disebutkan lebih lanjut, ritual memandikan kucing demi turun hujan ini awalnya berasal dari kisah Eyang Sangkrah, seorang tetua desa. Eyang Sangkrah diketahui melakukan ritual yang bisa menghentikan kekeringan.

"Ritual itu adalah memandikan kucing di mata air suci tersebut yang mana setelah itu tiba-tiba disusul dengan hujan lebat," ungkap Putri.

Berangkat dari sana lah, kemudian lahir pernikahan kucing palsu dan tradisi memandikan kucing di mata air suci yang berkaitan dengan usaha masyarakat desa menurunkan hujan.

Kisah Putri yang menarik perhatian netizen, ada juga netizen yang merasa terkoneksi dengan cerita ritual yang dikisahkan.

"Lah iya, kalau di kampung saya dulu percaya kalau mandiin kucing bakal banjir besar, apalagi kalau dimandiinnya di sungai," komen @bladestr***.


Sumber : okezone.com

0 comments: