Menelusuri Jalan Braga Bandung, Asyiknya Wisata Sejarah dan Kulineran

Kamis, Juli 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Menelusuri Jalan Braga Bandung, Asyiknya Wisata Sejarah dan Kulineran
Jalan Braga (Shutterstock)

Suara.com - Bandung memiliki daya pikat tersendiri di kalangan wisatawan dan selalu meninggalkan banyak kenangan. Salah satu daya tarik kota ini terletak di Jalan Braga. Sepanjang satu kilometer, kawasan Jalan Braga menyimpan sejarah masa lalu yang terekam dari deretan bangunan bernuansa klasik, hingga atmosfer menenangkan yang membangkitkan rasa rindu untuk kembali.

Tidak heran jika Jalan Braga termasuk satu dari sekian banyak referensi tempat wisata terfavorit di Bandung yang diincar para pelancong, khususnya warga Jakarta. Akses menuju Jalan Braga pun terbilang mudah. Bagi penyuka jalur darat, selain kendaraan pribadi dan kereta api, Anda bisa beli tiket travel Jakarta-Bandung dengan harga promo lewat layanan Online Travel Agent (OTA).

Lantas, hal seru apa saja yang bisa Anda lakukan di sekitar kawasan Jalan Braga pada agenda trip mendatang? Berikut rekomendasi dari Pegipegi!

Wisata Heritage

Kawasan Jalan Braga dikelilingi bangunan-bangunan bersejarah, seperti Gedung Merdeka, Museum Konferensi Asia Afrika, Alun-alun Kota Bandung, Titik Nol Kota Bandung, dan gedung perkantoran lainnya yang berdiri sejak masa kolonial. Dengan menyusuri jalan ini, Anda tidak sekadar jalan-jalan menikmati suasana kota, tapi juga diajak mengenal sejarah Kota Kembang lebih jauh lagi.

Sebelum dijadikan sebagai jalan protokol di Bandung, Jalan Braga dulunya sempat disebut sebagai jalan yang kerap menghilangkan nyawa orang. Saat agresi militer, kawasan ini menjadi rawan untuk dilewati. Namun kini, Braga telah bertransformasi dengan sangat pesat dan menjadi kawasan metropolitan yang terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Berburu Foto Instagramable

Dahulu, Jalan Braga pernah disebut De meest Europese winkelstraat van Indiƫ yang artinya komplek pertokoan elite bagi orang Eropa. Menurut catatan Haryo Kunto dalam buku Wajah Bandoeng Tempo Doeloe (1984), kawasan Braga menjadi salah satu pusat perbelanjaan ternama bagi kalangan menengah atas. Dengan nuansa kawasan klasik nan modern ini, Jalan Braga mampu memikat orang-orang -khususnya muda-mudi- untuk berfoto. Anda pun bisa ikut mengabadikan momen lewat lensa kamera untuk menambah koleksi foto pribadi dan mengunggahnya ke media sosial.

Belanja dan Hunting Barang Antik

Berkunjung ke Bandung kurang lengkap rasanya jika tidak berbelanja. Anda bisa melipir ke Braga CityWalk untuk melihat berbagai pilihan outlet, spot hiburan, tempat nongkrong dan rekreasi, serta kulineran. Di sekitar Braga, Anda juga bisa mencari barang-barang jadul dan karya seni epik di Pasar Antik Cikapundung. Jangan lupa membeli cendera mata untuk orang terkasih di Galeri Tatarah, Sin Sin Art Shop, dan Rumah Seni Ropih, ya. Di tempat-tempat tersebut, Anda bisa membeli gantungan kunci, patung kayu, wayang, hingga lukisan.

Menyantap Kuliner Khas

Puas berburu foto dengan berbagai angle menarik dan berbelanja di kawasan Braga, ada baiknya Anda mengisi perut dengan mencicipi berbagai sajian kuliner khas Kota Bandung. Mampirlah sejenak ke Braga Punya Cerita, sebuah restoran yang berdiri di bangunan dengan arsitektur Belanda untuk bersantap sore. Restoran ini menawarkan menu-menu lezat dengan harga terjangkau, seperti Ayam Pedas Braga dan Nasi Ikan Nila Cobek.

Anda hanya ingin ngemil dan minum kopi? Toko roti Sumber Hidangan bisa menjadi pilihan. Selain menawarkan nuansa tempo dulu, toko yang berdiri sejak tahun 1929 ini menyajikan ragam menu roti spesial, seperti roti tawar Frans Brood dan Stokbrood, serta roti manis Kaasstok dan Madeleine. Ada juga sajian makanan ringan lainnya, yaitu pastel ayam, kroket kentang, dan bitterballen. Sebagai penutup, nikmati menu es krim dengan berbagai varian rasa.

Tidak ketinggalan, silakan mengunjungi kedai Kopi Toko Djawa jika ingin nongkrong sambil menyesap kopi hangat atau minuman segar lainnya. Nuansa jadul di kedai ini begitu kental, memberi sensasi tersendiri dibandingkan coffee shop lain. Untuk menu kopi yang disediakan pun beragam, seperti espresso, latte, piccolo, serta kopi susu. Ada pula menu nonkopi yang bisa dicoba, seperti greentea, mocha, chocolate, dan lainnya. Juga minuman ala Nusantara yaitu ronde jahe dan limun sereh.

Masih banyak lagi tempat kuliner asyik dan kekinian di kawasan Jalan Braga untuk mengisi waktu Anda selama liburan di Bandung. Di antaranya, Warung Lima Rasa, Braga Permai, Warung Asik, The Sugarush, dan The Kiosk.

Menikmati Senja dan Malam

Kawasan Jalan Braga menawarkan sisi magis tersendiri pada waktu senja dan malam hari. Sekadar jalan kaki atau duduk santai di kursi-kursi sekitar bahu Jalan Braga pada waktu tersebut akan menghadirkan atmosfer yang menenangkan. Sambil melihat pejalan kaki yang bercengkerama, hilir mudik kendaraan, dan mendengar alunan musik dari musisi jalanan.

Menelusuri setiap sudut Jalan Braga di Kota Bandung, tentu menjadi cerita berkesan yang patut dikenang. Bisa juga menjadi alasan bagi Anda untuk #PegipegiLagi menjajaki kota ini. Pastikan mengajak keluarga, sahabat, atau pasangan, ya, agar kunjungan Anda menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Bagi Anda yang tinggal di luar kota dan tertarik #PegipegiYuk ke berbagai tempat wisata terfavorit Bandung saat weekend mendatang, persiapkan itinerary perjalanan mulai dari sekarang. Pesan tiket pesawat, kereta, bus dan travel, serta hotel di Bandung hanya di aplikasi Pegipegi. Dapatkan juga harga lebih hemat dengan berbagai promo setiap harinya! Jangan lupa, selalu menjaga protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun demi keamanan, kenyaman, dan kesehatan Anda.

Sumber : suara

0 comments: