Misteri Pabrik Gula Gondang Klaten

Rabu, Juli 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Solopos.com, KLATEN — Pabrik Gondang Baru Klaten terletak di terletak di Jl Solo-Jogja, tepatnya di desa Gondang, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Pabrik Gula Gondang di Klaten ini dinilai memiliki banyak misteri.

Dikutip dari gudangmisteri.com Pabrik Gula Gondang pada masa kejayaannya adalah pabrik penghasil gula terbesar di pulau Jawa.

Pada masa penjajahan Belanda, pabrik gula ini bernama Pabrik Gula Gondang Winangoen. Sejak difungsikan kembali pada tahun 1960, namanya berubah menjadi Pabrik Gula Gondang Baru.

Pabrik Gondang Baru yang penuh misteri ini dikenal angker lantaran dipercaya banyak dihuni oleh makhluk astral tak kasat mata yang menjadi penunggu pabrik gula gondang. Kejadian mistis yang pernah terjadi, seperti sering terjadi penampakan sosok pria berseragam Belanda, noni-noni Belanda, sosok manusia dengan anggota tubuh tidak utuh, sosok tinggi besar hitam seperti genderuwo.

Kejadian gaib lain, yaitu sering terdengar suara-suara mesin dan pekerja di malam hari, mesin penggiling bergerak sendiri, dan masih banyak fenomena gaib yang terjadi di Pabrik Gula Gondang Baru klaten.

Kejadian aneh lainnya, yakni suara orang yang menangis, suara orang minta tolong, suara orang merintih kesakitan dan penampakan hantu yang memiliki wujud bermacam-macam.

Misteri di Pabrik Gula Gondang Klaten juga pernah diunggah di Youtube oleh channel Lidah Jawa, 2 Juli 2021. Saat ditengok Solopos.com,  video berjudul Misteri Pabrik Gula Gondang Baru berdurasi delapan menit 10 detik itu telah ditonton 1.491 kali.

Dalam narasinya, channel Lidah Jawa menulis sejarah Pabrik Gondang Baru Klaten sebagai pabrik gula terbesar di Pulau Jawa pada masa kolonial Belanda dahulu kini mulai redup berganti dengan berbagai cerita misteri.

Sumber : solopos

0 comments: