Murah Meriah, Ini Tempat Wisata Adem Ayem di Bogor

Rabu, Juli 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Bogor - Suasananya mirip Bandung tapi jaraknya lebih dekat dari Jakarta, inilah Bogor. Di sana banyak tempat wisata murah meriah yang bisa bikin girang.

Alam yang hijau dan suasana adem menjadikan Bogor sebagai wisata healing. Dirangkum detikcom, inilah sejumlah tempat wisata murah meriah di Bogor.

1. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia merupakan pengembangan Museum Etnobotani Indonesia (MEI), yang dicetuskan Kepala LIPI kala itu, Prof Sarwono Prawirohardjo.

Mengutip situs munasain.lipi.go.id, koleksi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia berasal dari MEI berjumlah 1880 nomor. Seluruh koleksi itu berasal dari seluruh Nusantara, mulai dari Sabang sampai Merauke. Artefak etnobotani ini dipamerkan berdasarkan jenis tumbuhan dan pemanfaatannya.

Selain itu, koleksi spesimen yang lain tersimpan di Herbarium Bogoriense (koleksi spesimen herbarium), Museum Zoologicum Bogoriense (koleksi spesimen fauna) dan Pusat Koleksi Jasad Renik (koleksi mikrob InaCC).

Alamat
Jalan Ir Juanda No 22, Bogor

Tiket Masuk
Individu:
Anak: Rp 2.000
Dewasa: Rp 5.000
Wisatawan Asing: Rp 10.000
Rombongan:
Anak: Rp 1.000
Dewasa: Rp 3.000

Apa Saja yang Bisa Dilakukan?
Mengunjungi museum ini kamu bisa mengenal lebih dalam tentang sejarah alam hingga budaya Nusantara. Pengelola museum juga sering mengadakan workshop seperti ilustrasi tumbuhan, maupun virtual tour.

2. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung dikenal sebagai salah satu 'surga tersembunyi' di Bogor karena letaknya yang cukup terpelosok. Aliran airnya deras dan segar, cocok untuk merilekskan pikiran dan menenangkan diri dari kepenatan aktivitas harian.

Alamat
Desa Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Tiket Masuk
Harga tiket masuk Rp 20.000/orang, meliputi tiket masuk Rp 15.000/orang dan retribusi Rp 5.000/orang.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan?
Kamu bisa menikmati pemandangan alam curug yang asri, dan berfoto ria. Selain itu kamu juga bisa bermain air di kawasan curug ini.

Namun, untuk menikmati pemandangan curug ini kamu harus berjalan kaki sekitar 1,5 jam dari lokasi parkir. Selain itu, kamu harus menyusuri aliran sungai yang berasal dari curug sekitar 20 menit sebelum akhirnya menemukan Curug Cibaliung.

3. Bukit Alesano

Bukit Alesano Bogor menawarkan pemandangan khas perbukitan yang cantik dan suhu udara yang sejuk.

Alamat
Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Tiket Masuk
Harga tiket masuk Rp 10 ribu. Buka setiap hari selama 24 jam.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan?
Kamu bisa kamping dengan pemandangan khas perbukitan. Tak hanya itu kamu juga bisa menikmati berfoto ria dengan latar spot foto yang Instagrammable.

Bukit Alesano juga dikenal sebagai salah satu tempat menikmati sunrise dan sunset yang cantik. Jangan lupa siapkan baju hangat dan kamera serta tubuh yang fit untuk wisata di sini ya!

4. Curug Cilember

4. Curug Cilember

Wisatawan di Curug Cilember, Puncak Bogor Foto: M Solihin/detikcom

Ads by Andbeyond.media

Curug Cilember ini menawarkan tujuh air terjun atau curug yang lokasinya berjarak sekitar 150-450 meter. Curug Cilember ini satu-satunya sumber mata air yang terpecah dan mengalir menuju tujuh air terjun dengan ketinggian berbeda.


Masing-masing curug memiliki kolam dengan ukuran yang bervariasi. Pengunjung bisa berenang maupun bermain air di kolam ini.

Alamat
Jalan Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Tiket Masuk
Harga tiket masuk: Rp 15.000/orang.
HTM untuk Taman Kupu-kupu Rp 6.000/orang dan ditambah biaya parkir kendaraan.
Apa Saja yang Bisa Dilakukan?
Mengutip situs Kabupaten Bogor, ada berbagai petualangan yang bisa kamu dapatkan saat wisata di Curug Cilember selain wisata air. Di antaranya mengunjungi taman kupu-kupu dan hutan pinus.

Taman Kupu-kupu
Lokasinya dekat dengan pintu masuk dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit. Taman ini berbentuk kubah atau setengah bola dengan konsep green house tapi dengan sedikit elemen kaca di pintu masuknya.

Ada beragam kupu-kupu yang terdiri dari 12 spesies di taman seluas 500 meter persegi ini. Dalam taman ini kamu bisa mengetahui perjalanan metamorfosis kupu-kupu dari telur hingga bermetamorfosis sempurna.

Hutan Pinus
Pemandangan di hutan pinus ini masih alami dan asri. Suasana hening sepanjang perjalanan memberikan sensasi trekking yang menenangkan. Hati-hati dengan jalan yang sedikit licin ya.

5. Curug Cikuluwung

Curug ini mulai booming pada 2018 lalu karena keunikannya. Curug Cikuluwung ini memiliki dua air terjun yakni Curug 1 dan Curug 2.

Mengutip situs Curug Cikuluwung, Curug 1 memiliki daya tarik dinding batuan alami yang eksotik. Curug 1 ini memiliki tiga kolam yang lokasinya berdekatan.

Curug 2 berada di bawah Curug 1. Kolam di Curug 2 ini mampu menampung 60-80 orang.

Alamat
Desa Cibitung, Wetan, Bogor.

Tiket Masuk
Harga tiket masuk: Rp 35.000/orang. Jam operasional: pukul 08.00-16.00 WIB buka setiap hari.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan?
Kamu bisa berfoto ria dengan latar curug dan batuan alami yang eksotik. Selain itu, kamu bisa berenang di kolam yang terdapat di masing-masing curug.

Namun perlu diingat, kolam utama di Curug 1 tidak dianjurkan untuk digunakan berenang karena derasnya aliran air terjun. Hati-hati pula dengan batuan yang licin ya.

Kamu juga bisa kemping dan menginap di homestay yang dekat dengan area curug. Pengelola objek wisata ini juga menyediakan foto pra-wedding.

6. Curug Ciherang

Wisata Curug Ciherang ini merupakan salah satu curug populer di Bogor. Menariknya kamu tak perlu jauh mendaki untuk tiba di Curug Ciherang ini.

Alamat
Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor.

Tiket Masuk
Harga tiket masuk: Rp 40.000/orang termasuk semua wahana dan spot foto. Pengunjung juga akan dikenakan tambahan biaya parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jam operasional: Pukul 09.00-18.00 WIB dan buka setiap hari.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan?
Selain menikmati pemandangan alam dan curug yang asri, kamu juga bisa menikmati wisata petik stroberi organik dan berfoto selfie

Sumber : detik.com

0 comments: