Nama Bunga Terbesar di Dunia yang Hidup dan Asli dari Indonesia

Sabtu, Juli 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Bunga terbesar di dunia yang ada di Indonesia. Foto: unsplash.com/colinandmeg
Menjadi tanaman yang cantik dan menawan membuat banyak orang menyukainya. Tanaman ini biasa di tanam di pekarangan rumah dengan warna indah hingga bantuk yang unik. Tak sedikit orang yang rela membeli bunga hingga raturan juta sebagai dekorasi rumahnya. Namun pernahkah terpikirkan nama bunga terbesar di dunia? untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut.

Nama Bunga Terbesar di Dunia yang Hidup dan Asli dari Indonesia

Dikutip dari buku Mengenal Seni dan Budaya Indonesia karya R. Rizky dan T. Wibisono (2012:27), bunga terbesar di dunia yang hidup dan asli dari Indonesia bermana Rafflesia Arnoldii. Sebagai bunga terbesar di dunia, ukuran dari bunga yang satu ini bisa menjacapai 1 m.
Nama kingdom dari bunga Rafflesia yaitu:
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Klelas: Magnoliopsida
Ordo: Rafflesiales
Family: Rafflesiaceae
Genus: Rafflesia
Spesies: R. arnoldii
Bunga ini pertama kali ditemukan oleh dua orang dari Inggis yang bernama Thomas Stanford Raffles yang menemukan negara Singapura bersama temannya yang bernama Dr. Joseph Arnold di hutan hujan yang berada di Provinsi Bengkulu. Pada saat itu, Thomas Raffles merupakan seorang gubernur pada saat Indonesia di jajah Inggris, yakni pada tahun 1814-1818. Sedangkan Joseph Arnold adalah seorang peneliti, botani, dan ahli bedah angkatan laut.
Nama Bunga Terbesar di Dunia yang Hidup dan Asli dari Indonesia (1)
zoom-in-whitePerbesar
Bunga rafflesia sebagai bunga terbesar di dunia. Foto: unsplash.com/colinandmeg

Fakta Unik Bunga Rafflesia Arnoldi

Bukan Sebuah Tumbuhan

Bunga Rafflesia merupuakan sebuah tumbuhan parasit. Sehingga, untuk bisa hidup, bunga Rafflesia harus menempel dengan tumbuhan lain.
Lalu, bagaimana cara bunga Rafflesia mendapatkan makanan?
Jika pada tumbuhan normal, mereka melakukan fotositesis untuk bisa mendapatkan makanan. Namun pada bunga Rafflesia mendapatkan makanan dengan cara mengambil nutrisi dan air dari tumbuhan lain dari akar semu yang menempel di tumbuhan yang ditumpanginya.
Singkatnya, bunga Rafflesia tidak mempunyai daun, batang, dan akar.

Berbau Busuk

Ciri khas utama dari bunga Rafflesia adalah mengeluarkan bau yang sangat busuk. Ternyata ada alasan di balik bau busuk yang dikeluarkan bunga Rafflesia, yakni sebagai penarik perhatian serangga maupun lalat dalam membantu proses penyerbukan. Maka dari itu, bunga Rafflesia sering sebut sebagai bunga bangkai raksasa.
Nah, sekarang sudah mengetahu nama bunga terbesar di dunia yang hidup dan asli dari negara kita bukan? Semoga informasi di atas dapat menambah wawasanmu. (MZM)


Sumber : kumparan.com

0 comments: