NOC Indonesia: 39 Cabor di SEA Games 2023 Kamboja Bisa Bertambah

Senin, Juli 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Ferry Kono, menerima plakat dan cinderamata dari tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja (Foto: SEAGF Photo)

JAKARTA – SEA Games 2023 akan berlangsung di Kamboja pada 5 hingga 17 Mei mendatang. Perlu diketahui, ada 39 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan di SEA Games 2023.

Hal itu dikonfirmasi oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). NOC Indonesia telah merilis 39 cabor yang akan dipertandingkan di SEA Games 2023.


Namun, jumlah cabor bisa bertambah karena ada beberapa cabor yang masih dipertimbangkan. Beberapa cabor yang masuk dalam pertimbangan itu, baru dapat kepastian dalam SEAGF Meeting, September 2022.

Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry Kono mengatakan SEAGF Meeting yang berlangsung di Phnom Penh pada 10-13 Juli memutuskan 39 cabor akan dipertandingkan pada pesta olahraga dua tahunan terakbar kawasan ASEAN, tahun depan. Dari cabor tersebut, beberapa di antaranya merupakan usulan yang disampaikan NOC Indonesia.

“Kami memperjuangkan pencak silat, dan akhirnya disetujui. Bahkan kemungkinan akan ada 22 nomor yang dipertandingkan di SEA Games mendatang. Begitu juga cabor yang kami usulkan sebelumnya, yaitu polo air, wushu, dan jetski juga telah dipastikan akan dipertandingkan,” kata Ferry.

“Keputusan ini potensial bisa bertambah karena ada beberapa cabang olahraga yang masih dalam pertimbangan, seperti panahan, menembak, dan kurash. Ini karena Kamboja tidak memiliki atlet, peralatan, dan bahkan federasi nasional sehingga beberapa NOC berkomitmen untuk membantu tuan rumah."

NOC Filipina, kata Ferry, salah satu yang berkomitmen untuk memberikan bantuan pelatihan hingga peralatan. Namun, tuan rumah masih menunggu realisasi bantuan yang ditawarkan, sehingga tambahan cabor baru bisa diputuskan September.

Hal serupa juga dilakukan NOC Indonesia ketika memperjuangkan pencak silat, olahraga beladiri asli Indonesia, agar bisa dipertandingkan di SEA Games edisi ke-32 nanti. NOC Indonesia berkomunikasi dengan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) untuk dapat membantu Kamboja, sehingga setelah semua bantuan dipastikan tuan rumah pun akhirnya memutuskan mempertandingkannya.

"Terkait usulan rowing dan kano belum ada hasilnya karena tuan rumah memiliki spesialisasi tradisional dragon boat. Kami anggota SEAGF juga tidak bisa banyak memaksa karena Kamboja juga banyak memainkan nomor yang bukan unggulan mereka. Tapi, kami tetap akan berusaha memperjuangkannya dan semoga dapat diputuskan September mendatang,” ujar Ferry.

Lelaki yang menjabat sebagai Chef de Mission SEA Games 2021 Vietnam ini menilai, Kamboja memiliki concern penuh terhadap penyelenggaraan SEA Games. Sebagai informasi, Kamboja sejatinya pernah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah SEA Games 1963, tetapi terpaksa dibatalkan karena situasi politik internal yang terjadi di negara mereka.

“Saya melihat, Kamboja lebih serius dibandingkan Vietnam. Mereka bahkan menyiapkan dan membangun venue serta athlete village yang terpusat di Phnom Penh untuk SEA Games. Perdana Menteri Kamboja Hun Sen bahkan datang langsung dalam pembukaan SEAGF Meeting, ini juga menjadi bukti bahwa mereka sangat concern. Bahkan mereka juga merekrut tenaga profesional, dari OCA (Dewan Olimpiade Asia) untuk membantu mereka,” kata Ferry.

Terkait protokol kesehatan dan antisipasi pencegahan penyebaran virus covid-19, Ferry mengatakan tuan rumah meyakinkan kepada 10 negara partisipan yang akan hadir di pesta olahraga dua tahunan kawasan Asia Tenggara bahwa mereka siap. Terutama karena masyarakat Kamboja telah menerima lima kali dosis vaksin.

“Jadi imunitas mereka bisa dikatakan lebih terbentuk dibanding tamu-tamunya. Mereka meyakinkan dengan dosis kelima yang sudah diterima oleh masyarakatnya menunjukkan bahwa tamu-tamu yang hadir tidak perlu khawatir,” tambah Ferry.

Daftar cabor SEA Games 2023 Kamboja:

1 Atletik (track & field dan maraton)

2 Akuatik (renang, loncat indah, polo air)

3 Bulutangkis

4 Basket (5x5 dan 3x3)

5 Tinju

6 Biliar&Snooker

7 Binaraga

8 Catur (Xianqi dan Ok Chakktrong)

9 Kriket

10 Balap sepeda (road dan MTB)

11 Dance Sport

12 Esports

13 Endurance Race (Aquatlon, Duathlon & Triathlon)

14 Anggar

15 Selam

16 Bola Lantai

18 Sepak Bola

19 Senam (Artistik dan Aerobik)

20 Hoki (Lapangan dan Indoor)

21 Jetski

22 Judo

23 Karate

24 Kun Khmer (Muay)

25 Martial Arts (Arnis, Jujitsu, Kickboxing, Kun Bokator, Martial Art Korea: ITF Rules & Vovinam

26 Obstacle Race

27 Pentaque

28 Layar

29 Sepak Takraw

30 Pencak Silat

31 Soft Tennis

32 Tenis Meja

33 Taekwondo

34 Tenis

35 Traditional Boat Race

36 Voli (Indoor dan Pantai)

37 Angkat besi

38 Gulat

39 Wushu

Ekshibisi

40 Beach Teqball


Sumber : okezone.com

0 comments: