Pelesiran ke Bogor, Jangan Lewatkan 3 Destinasi Wisata Sejarah Ini

Kamis, Juli 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


BOGOR - Bogor selain kota hujan juga dikenal sebagai salah satu kota yang penuh dengan peninggalan sejarah . Hal tersebut selaras dengan catatan sejarah, di mana Bogor merupakan wilayah yang dilalui Jalan Raya Pos. 

Jalan Raya Pos ini terkenal sebagai jalan hasil kerja paksa oleh Gubernur Daendels di masa penjajahan Belanda. 

Tidak hanya jalan, sejumlah tempat bersejarah masih berdiri kukuh di Bogor. Berikut wisata sejarah di Bogor yang dapat dikunjungi. 

1. Museum PETA

Museum PETA terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah. Museum PETA sendiri merupakan singkatan dari Museum Pembela Tanah Air. Apabila masuk ke dalam museum, pengunjung akan disuguhi berbagai diorama yang menjelaskan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. 

Selain sarat akan pengetahuan sejarah, Museum PETA juga terletak di turis. Di sekeliling Museum PETA, terdapat beragam jenis kuliner khas Bogor yang dapat disantap. Sehingga, wisatawan dapat berwisata sejarah sekaligus berwisata kuliner. 

2. Kebun Raya Bogor 

Selain bisa menikmati rindang pohon dan lahan hijau, Kebun Raya Bogor sejatinya merupakan salah satu peninggalan bersejarah. Kebun Raya Bogor kali pertama didirikan Gubernur Jenderal Belanda, Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen pada 1817. 

Selain itu, Kebun Raya Bogor juga masuk dalam Daftar Sementara Warisan Dunia atau Tentative List Unesco World Heritage Site sejak 2018. Di dalam Kebun Raya Bogor, wisatawan dapat menemukan banyak landmark sejarah. Misalnya, Monumen Olivia Raffles, istri dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles. 

Terdapat juga area makam keramat di Kebun Raya Bogor, serta beberapa spot lain yang sudah berumur tua. 

3. Kampung Budaya Sindangbarang 

Sedikit jauh dari pusat kota, terdapat situs kebudayaan yang dijadikan tempat wisata sejarah, Kampung Budaya Sindangbarang yang terletak di kampung Sindangbarang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Kendati terletak agak jauh dari pusat kota, Kampung Budaya Sindangbarang menyimpan banyak sejarah yang tiada tara. 

Di sini, terdapat 8 macam kesenian Sunda yang terus dilestarikan oleh para penduduknya. Terdapat juga sejumlah bukit berundak peninggalan kerajaan Pajajaran, serta upacara adat yang diselenggarakan setahun sekali bernama "Seren Taun". Upacara ini merupakan bentuk rasa syukur penduduk sekitar atas hasil panen yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber : sindonews

0 comments: