Pemprov Jabar Kaji Aspek Lain dari Bisnis Cicak Kering di Cirebon

Rabu, Juli 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Bandung - Warga Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon meraup pundi-pundi rupiah dari bisnis cicak kering. Produksi cicak kering itu pun diminati China.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar Iendra Sofyan menilai bisnis cicak kering itu positif dari segi ekonomi. Sebab, selama ini Pemprov Jabar terus mengupayakan produk lokal agar bisa tembus pasar dunia.

"Terkait dengan produk dikirim luar negeri. Saya pikir, kalau hanya bicara ekonomi bagus," kata Iendra saat dihubungi detikJabar
Iendra mengaku tengah menginstruksikan petugas Disperindag untuk menelusuri bisnis cicak kering itu. Termasuk di daerah lainnya yang ada di Jabar.

"Sebenarnya kan ini kebanyakan ada di Medan. Dan, itu (ekspor) melalui karantina dulu," kata Iendra.

Lebih lanjut, Iendra mengatakan pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail tentang bisnis cicak kering ini dari berbagai aspek lainnya. Sehingga, Disperindag Jabar perlu memahami terlebih dahulu tentang bisnis cicak kering.

"Tapi, kita harus melihat aspek lain. Misalnya ada binatang yang dilindungi. Saya harus cek lagi ke bea cukai, apakah cicak ini dilindungi atau sepeti apa," ucap Iendra.

Iendra mengatakan Disperindag Jabar sejatinya memiliki program untuk peningkatan ekspor, seperi membuka pasar baru untuk ekspor, produk baru sesuai kebutuhan pasar, dan digitalisasi produk.

Sumber : detik.com

0 comments: