Pesona Wonomulyo, Kampung di Lereng Lawu yang Dijuluki New Zealandnya Indonesia

Rabu, Juli 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 07 16 408 2630731 pesona-wonomulyo-kampung-di-lereng-lawu-yang-dijuluki-new-zealandnya-indonesia-RRBtBQdyCz.JPGDusun Wonomulyo di Pocol, Magetan, Jawa Timur (Instagram @highlandwonomulyo)

PESONA Dusun Wonomulyo di Kelurahan Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur sungguh menakjubkan. Di apit oleh pegunungan sisi selatan lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (Mdpl), Wonomulyo dijuluki sebagai New Zealandnya Indonesia.

Ya, landscape dan pemandangan Dusun Wonomulyo memang mirip dengan desa di Selandia Baru. Udara yang sejuk dengan suhu berkisar 16-23 derajat celcius membuat Wanumulyo jadi destinasi wisata yang menarik untuk dinikmati.

Jika Anda ingin melihat pemandangan yang lebih menakjubkan, bisa naik ke salah satu dataran tinggi di dusun ini yaitu dinamakan Bukit Sekudi.

Maka yang akan Anda lihat adalah perkampungan kecil, di antara dua gunung dan dikelilingi pebukitan, benar-benar sangat indah seperti di New Zealand.

Sebagian besar masyarakat di Dusun Wonomulyo adalah petani yang menanam sayur-sayuran. Hal ini karena kawasannya sangat dingin, dan berada di dataran tinggi, serta tanahnya cukup subur. Sehingga paling cocok dijadikan perkebunan, seperti menanam sawi, kol, tomat, bawang-bawangan, hingga wortel.

Apabila berkesempatan bermalam di sini, Anda harus siap-siap membawa pakaian yang tebal karena udaranya sangat dingin. Kemudian di pagi hari, dusun ini akan diselimuti kabut, sekaligus Anda juga bisa menghirup udara yang sangat bersih.

Oh ya, bagi Anda yang senang hunting foto, bisa mengambil momen matahari terbit atau sunrise dan sunset di Bukit Sekudi. Selain itu banyak pula spot-spot foto yang tak kalah menarik, dan juga estetik.

Akses ke Wonomulyo bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Jalannya sudah diaspal dan dicor. Jika memulai perjalanan dari Alun-Alun Magetan bisa langsung ke Telaga Sarangan menuju Poncol dan naik ke Genilangit.

Kalau lewat Madiun bisa ambil sisi selatan dengan rute Madiun – Lembeyan – Parang – Pondol – Wonomulyo. Kemudian jika melalui Ponorogo bisa via Sampung – Parang – Poncol – Wonomulyo.

Sumber : okezone

0 comments: