Sederet Kontroversi Brotoseno: Hubungan Asmara hingga Kasus Korupsi

Jumat, Juli 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Sederet Kontroversi Brotoseno: Hubungan Asmara hingga Kasus Korupsi
kontroversi Brotoseno

Belakangan ini nama Brotoseno tengah jadi perbincangan hangat warganet dan menjadi kontroversi. Pasalnya, ia sempat betugas lagi di kepolisian padahal berstatus eks narapidana kasus korupsiKontroversi Brotoseno tidak hanya itu saja.

Sederet kontroversi Brotoseno telah terjadi, hingga membuat namanya kerap muncul di pemberitaan media massa.  Diketahui, Brotoseno atau yang memiliki nama lengkap Raden Brotoseno ini adalah mantan narapidana untuk kasus korupsi.

Ia sebelumnya merupakan anggota penyidik KPK. Namun sebagai eks narapidana, Is kedapatan sempat  bertugas di Kepolisian RI.

Fakta tersebut tentunya memancing protes publik yang tak terima adanya mantan narapidana bertugas di Polri. Hal tersebut pun menjadi sorotan tajam dan menjadi kontroverai di berbagai kalangan.

Setelah adanya protes tersebut, pihak Polri akhirnya memecat Brotoseno karena berstatus sebagai eks narapidana kasus korupsi. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengambil keputusan pemecatan tersebut usai melakukan PK (peninjauan kembali) atas putusan sidang Brotoseno.

Selain itu, PK juga dilakukan sebagai upaya menindaklanjuti isi dari Perpol (Peraturan Polri) No 7 Th 2022 mengenai Kode Etik Profesi & Komisi Kode Etik Kepolisian Negara RI.

Berdasarkan dari hasil sidang PK, secara resmi AKBP Brotoseno mengakhiri masa jabatannya di Kepolisisan RI usai menerima keputusan PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat). Brotoseno saat ini tidak lagi bertugas Polri.

Kontroversi Brotoseno

Nama Brotoseno mulai dikenal sejak tahun 2011. Untuk selengkapnya, berikut ini kontroversi Brotoseno yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Terungkapnya Hubungan Asmara Brotoseno-Angie

Tahun 2011 akhir, hubungan asmara Brotoseno dan Angelina Sondakh mulai terendus. Cinta keduanya bersemi karena sering berkomunikasi. Pada masa itu, Brotoseno bekerja sebagai anggota penyidik KPK dan Angie sebagai saksi kasus Wisma Atlet.

Meski Angie sempat menutup-nutupi, namun hubungan keduanya tercium juga. Bahkan, Angie dan Brotoseno memiliki foto mesra Angie yang tersebar luas di media pada tahun 2011.

2. Brotoseno Dipulangkan KPK

Pada tahun 2022 saat berpangkat Kompol di Polri, Brotoseno dipulangkan oleh KPK. Hal tersebut lantaran adanya hubungan asmara antara Brotoseno dan Angie, yang mana ini melanggar kode etik KPK. Kemudian Brotoseno dimutasi ke bagian SDM (sumber daya manusia) Polri. 

3. Tersangka Kasus Korupsi

Kontroversi Brotoseno lainnya yaitu ia menjadi tersangka kasus korupsi pada November 2016. Ia pun ditangkap oleh tim Bareskrim Polri. Ia dan oknum polisi lainnya disebut menerima uang dari lawyer kasus dugaan korupsi. 

Dia pun langsung ditahan di Rutan Mapolda Metro Jaya. Kemudian kasus dugaan korupsi tersebut disidangkan, Brotoseno pun dituntut penjara 7 tahun. Namun, hakim memberikan vonis hukuman penjara 5 tahun serta denda 300 juta (subsider kurungan 3 bulan). Brotoseno pun disebut terbukti bersalah karena menerima suap.

4. Bebas Bersyarat 

Setelah ditahan dari November 2016, Ia bebas bersyarat pada Februari 2022. Diketahui, Brotoseno mendekam dipenjara sejak tanggal 18 November 2016. Sejak saat itu, Ia diwajibkan menjalankan hukuman pidana 5 tahun penjara serta denda Rp 300 juta (subsider 3 bulan).

Demikian ulasan mengenai kontroversi Brotoseno. Selain kontroversi di atas, Brotoseno juga menuai kontroversi karena bertugas di Plori padahan ia eks narapida kasus korupsi hingga kemudian dipecat.

Sumber : Suara.com

0 comments: