Sejarah dan Lokasi Candi Borobudur yang Penuh Nilai Budaya

Rabu, Juli 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Candi Borobudur Terletak di, Foto Pexels Linda Gschwentner
Indonesia memiliki banyak destinasi wisata dari Sabang dari Merauke. Destinasi wisata tersebut terdiri dari beragam jenis, yaitu destinasi wisata alam, budaya, sejarah, dan lain sebagainya. Kali ini, kita akan membahas salah satu detinasi wisata budaya sekaligus sejarah. Destinasi wisata tersebut adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur terletak di sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang. Biasanya para wisatawan yang berwisata ke Yogyakarta akan mampir ke candi ini. Namun, apakah kamu tahu terkair sejarah candi ini? Jika belum, simak ulasan menarik dalam artikel menarik berikut ini.

Sejarah dan Lokasi Candi Borobudur yang Penuh Nilai Budaya

Seperti yang telah dipaparkan di atas, lokasi Candi Borobudur terletak di Magelang, lebih tepatnya di atas Bukit Menoreh, Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Candi ini merupakan salah satu candi Buddha dan candi terbesar di Indonesia.
Candi Borobudur dibangun pada masa Dinasti Syailendra. Hal ini seperti yang tertulis dalam buku Wahana IPS Ilmu Pengetahuan Sosial oleh Sigit Widiantoro, dkk (2007:10), Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800-an oleh Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Dinasti Syailendra adalah penganut dari agama Buddha Mahayana.

Candi Borobudur Terletak di, Foto Pexels Tomáš Malík
Berbeda dengan candi Hindu yang menjadi makam, candi Borobudur adalah candi yang menjadi monumen agama Buddha. Candi Borobudur juga merupakan gambaran perjalanan Buddha untuk mencapai nirwana dan juga simbol hubungan antara raja dengan rakyat.
Candi Borobudur sudah lama tidak terawat, tepatnya sejak abad ke 10. Hal ini disebabkan pusat kegiatan pindah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur karena Gunung Merapi meletus. Akibat letusan gunung inilah Candi Borobudur pun terkubur. Baru pada tahun 1814, seorang gubernur jenderal Jawa berkebangsaan Inggris yakni Thomas Stamford Raffles menemukan candi ini. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa VOC Belanda telah menemukan Candi Borobudur terlebih dahulu dan membuat peta tentang candi itu sehingga Rafles bisa menemukan candi ini.
Itulah sejarah Candi Borobudur dan lokasinya. Candi Borobudur pun terus melakukan pemugaran hingga UNESCO menetapkan Candi Borobudur menjadi salah satu warisan budaya dunia di tahun 1991 dan menjadi destinasi wisata kebanggaan Indonesia. (LOV)

Sumber : kumparan.com

0 comments: