Tak Hanya Dieng, Yuk Simak 5 Daerah Terdingin di Indonesia

Kamis, Juli 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 07 27 408 2637022 tak-hanya-dieng-yuk-simak-5-daerah-terdingin-di-indonesia-Q6vUUeB8IZ.jpgLima Daerah Terdingin di Indonesia (Dok Freepik)

SELAIN Dieng, Jawa Tengah, ternyata terdapat beberapa daerah terdingin lainnya di Indonesia.

Kondisi lingkungan atau alam yang masih terjaga juga berpengaruh terhadap suhu dingin suatu daerah.

Semakin terjaga atau belum dijamah banyak orang, tentu daerah tersebut akan lebih sejuk dan dingin.

Dirangkum MNC Portal Indonesia, berikut lima daerah terdingin di Indonesia:

1. Dieng, Jawa Tengah

Dieng merupakan kawasan di perbatasan antara Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Berada di kawasan dataran tinggi dengan ketinggian di atas 2.000 mdpl, menjadikan Dieng cukup dingin. Suhu di sana berkisar antara 12-20 derajat celcius di siang hari, dan pada malam hari turun berkisar 6-10 derajat celcius. Dan pada musim kemarau suhu di Dieng dapat turun hingga 0 derajat celcius.

2. Mulia, Papua

Kota Mulia ini terletak di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua. KOta tersebut mempunyai suhu yang terbilang cukup dingin di Indonesia. Bahkan, hawa dingin di wilayah ini dapat mencapai hingga 9 derajat celcius.

3. Waghete, Papua

Masih di Papua, Kota Waghete yang berada di Kabupaten Deiya juga menjadi salah satu daerah terdingin di Indonesia. Hal itu karena suhu di kota ini pada siang hari biasa dapat mencapai 15 derajat celcius. Di malam hari, suhu di kota Waghete bahkan bisa mencapai 10 derajat celcius.

4. Mamasa, Sulawesi Barat

Beralih ke Sulawesi Barat, ada kota Mamasa yang menjadi salah satu daerah yang memiliki suhu terdingin. Berada di ketinggian 1.900 mdpl, Kota Mamasa tak cuma menyuguhkan pemandangan yang indah. Kota ini menyuguhkan hawa sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat celcius.

5. Berastagi, Sumatera Utara

Berastagi merupakan daerah di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Kota ini masuk wilayah administrasi Kabupaten Karo dan berada di ketinggian 1.300 mdpl. Suhu udara rata-rata di sini sering berada di bawah 20 derajat celcius.

Sumber : okezone

0 comments: