Tampilkan Keindahan Budaya Nusantara, Sanggar Tari Indonesia Juara 3 dalam Ajang Internasional di Korea

Kamis, Juli 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Sanggar tari Indonesia sabet juara 3 di Korsel (Foto: Svadara Indonesia)

PARA anak bangsa kembali menorehkan kebanggaan untuk bumi ibu pertiwi. Sanggar Tari dan Musik Tradisional, Svadara Indonesia, berhasil meraih juara ke-tiga dalam kompetisi tari bertajuk ‘Powerful Daegu Festival’ yang diselenggarakan pada 8-11 Juli 2022 di Daegu, Korea Selatan.

Festival yang sebelumnya bertajuk 'Colorful Daegu Festival' ini merupakan kompetisi pertunjukan seni dari Korea dan berbagai negara. Kompetisi pertunjukan ini dikemas dalam street performance dan parade yang dibagi dalam dua kategori, yaitu lokal (Korea) dan Internasional.

Grup Svadara yang mewakili Indonesia sendiri mengirimkan 14 penari dan 4 official ke ‘Powerful Daegu Festival’. Mereka menampilkan keindahan Indonesia melalui tarian dari berbagai daerah, mulai dari Bali, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Papua.

Tarian tersebut ditampilkan secara berurutan untuk menceritakan sebuah proses meraih kebahagiaan dan menggambarkan bagaimana masyarakat Indonesia mengungkapkan rasa syukur. Tarian tersebut merupakan ekspresi kebahagiaan dan rasa syukur menyambut kondisi yang mulai normal kembali, setelah dua tahun lebih pandemi.

“Kami sangat bangga dan bersyukur dapat tampil di kompetisi tari internasional dan meraih penghargaan sebagai juara ketiga, bersaing dengan negara-negara lain,” kata Pemimpin Grup Svadara Indonesia untuk kompetisi ini, Alfrida Chrisna Sitorus, dikutip dari siaran pers yang diterima MNC Portal.

Ini bukan kali pertama Svadara mewakili Tanah Air di kancah internasional. Pada 2015, Svadara Indonesia juga pernah mewakili Indonesia dalam Sabah International Folklore Festival dan memenangkan penghargaan kategori Highest Online Presence.

Selain aktif mengikuti kompetisi Internasional, Svadara Indonesia beberapa kali tampil sebagai undangan dalam acara kebudayaan.

Mulai dari Festival Antar Bangsa di Pahang, Malaysia (2017), Malam Kebudayaan di Penang, Malaysia (2018), dan Malam Kebudayaan di Khartoum, Sudan (2017 dan 2019).

Svadara Indonesia juga aktif mengikuti berbagai kompetisi di wilayah DKI Jakarta dan lingkup nasional. “Penghargaan ini semakin memacu kami untuk terus berkarya melestarikan dan memperkenalkan seni tari Indonesia ke dunia,” ujarnya.


Sumber : okezone.com

0 comments: