Tips agar Cepat Tidur untuk Penderita Insomnia, Aman Tanpa Minum Obat!

Sabtu, Juli 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Insomnia dapat berdampak buruk (Foto: Boldsky)

INSOMNIA membuat seseorang akan kesulitan untuk tidur hingga larut malam. Kondisi ini jika berkepanjangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Ketika mengalami insomnia, itu bukan hanya akan memengaruhi kualitas kesehatan tubuh, tapi juga mental. Penyakit penyerta akan muncul jika insomnia dibiarkan berlarut-larut. Karenanya penting untuk mengetahui cara agar cepat tidur yang membantu mengatasi insomnia.

Nah, menurut Sleep Foundation ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar penderita insomnia dapat tidur lebih cepat. Dikutip MNC Portal, berikut paparannya:

Insomnia

Metode militer

Metode militer untuk mendapatkan tidur cepat ini dianggap bisa mengatasi masalah insomnia. Langkah yang harus dilakukan antara lain:

1. Ambil posisi nyaman dan rileks kan setiap bagian di wajah Anda seperti kelopak mata, rahang, bibir, dan alis.

2. Biarkan lengan beristirahat di samping tubuh, turunkan bahu Anda terlebih dulu.

3. Mulailah ambil napas dalam-dalam untuk mengendurkan dada.

4. Rilekskan bagian bawah tubuh, mulai dari pinggul ke bawah.

5. Visualisasikan suasana damai untuk menenangkan pikiran, seperti pedesaan yang indah, danau yang tenang, air terjun yang menawan, atau kamar yang nyaman. Jika pikiran mengganggu mulai masuk, coba lawan dan abaikan dengan visualisasi yang indah.

Musik yang damai

Musik yang damai mungkin bisa jadi alternatif cara agar Anda mencapai kondisi rileks sebelum tidur. Pertimbagkan musik berjalan hanya 10-20 menit saja, kurangi volume suara jika itu malah mengganggu tidur Anda.

Relaksasi otot

Teknik pernapasan dapat dipakai untuk relaksasi otot. Untuk mencapai tujuan tersebut, langkah yang harus dilakukan seperti:

1. Berbaringlah di tempat tidur, tutup mata Anda dan mulailah perlahan-lahan menghirup dan menghembuskan napas dalam-dalam.

2. Kencangkan otot wajah Anda selama 10 detik, lalu lepaskan ketegangan tersebut selagi menarik napas dalam-dalam beberapa kali.

3. Selanjutnya, regangkan otot bahu Anda selama 10 detik sebelum melepaskannya. Tarik napas dan hembuskan.

4. Ulangi langkah ini untuk kesempurnaan relaksasi otot seluruh tubuh.

Meditasi

Jika Anda bisa tenang dan rileks dengan meditasi, maka meditasilah. Upaya ini dipercaya bisa membuat insomnia terkendali dan Anda bisa mencapai tidur yang nyenyak dan berkualitas.

"Studi yang dilakukan pada 2014 menemukan bahwa meditasi membantu menenangkan kecemasan terkait tidur dan mengurangi waktu terjaga 'melek' di tempat tidur pada penderita insomnia kronis," terang laman kesehatan tersebut.

Cara lainnya

Langkah lain yang bisa dilakukan agar mencapai tidur yang berkualitas adalah dengan mengatur waktu dan jenis mengonsumsi camilan sebelum tidur. Patikan tidak makan di waktu menjelang tidur.

Selain itu, usahakan tidur siang tidak lebih dari 30 menit. Ini supaya jam tidur malam Anda tidak terganggu. Pastikan tidur di ruangan yang gelap, tenang, dan sejuk untuk memberi suasana nyaman.

"Kurangi asupan kafein, nikotin, dan alkohol sebelum tidur, serta jauhi layar ponsel atau gadget lainnya sebelum waktu tidur," tambah laporan tersebut.


Sumber : okezone.com

0 comments: