Tips Membersihkan Peralatan Masak Agar Bebas Bau Amis Daging

Rabu, Juli 06, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Ilustrasi memotong daging dengan pisau. Foto: Shutter Stock

Memiliki peralatan masak bersih memang bisa membuat proses memasak menjadi lancar dan menyenangkan. Tak hanya itu, peralatan masak yang bersih juga bisa membuat masakan kamu terasa nikmat, tanpa bercampur bau-bau lain yang menempel.
Ya, memiliki peralatan masak bukan hanya tentang bagaimana kamu memakainya; namun juga bagaimana cara kamu merawat agar tetap awet dan berfungsi normal dalam jangka waktu panjang.
Sayangnya, peralatan masak yang sudah dipakai kerap tidak awet dan mudah rusak. Paling sering, adalah bau bahan masakan masih menempel yang membuat ketika kamu ingin menggunakan ulang, baunya jadi tercampur aduk. Membuat masakan jadi kurang sedap juga, kan?
Apalagi saat kamu memasak daging. Sebut saja daging sapi atau kambing yang memiliki bau khas. Jika tidak dibersihkan dengan tepat, maka bukan tak mungkin bau daging yang amis masih menempel di peralatan masak.
Tak hanya bau, mengutip Home Cook World, tim peneliti Universitas Georgia pernah menemukan bakteri dan mikroorganisme dalam peralatan masak, dapat dengan cepat menyebar ke makanan. Kalau sudah begini, risiko kercunan makanan akibat menggunakan peralatan dapur yang terkontaminasi bakteri semacam Salmonella atau E. coli pun bisa terjadi.

Tapi kamu tak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan peralatan masak di dapur agar bebas bakteri dan bau amis daging.
Terlebih sebentar lagi Idul Adha yang mana stok daging menjadi melimpah di rumah. Kamu akan jadi sering mengolah daging. Makanya, yuk, simak tips selengkapnya berikut ini.

Catat! Tips membersihkan peralatan masak agar tak bau amis daging

Tips Membersihkan Peralatan Masak Agar Bebas Bau Amis Daging
Jika tidak dibersihkan dengan tepat, maka bukan tak mungkin bau daging yang amis masih menempel di peralatan masak.
1. Pisau harus dicuci langsung
Pisau harus dicuci langsung
Usai menggunakan pisau untuk memotong daging, hal utama yang sebaiknya kamu lakukan adalah langsung mencucinya. Enggak perlu peralatan ribet, cukup cuci menggunakan sabun dan bilas pakai tangan hingga bersih.

Kalau masih tercium aroma amis, kamu bisa memasukkan satu atau dua iris lemon atau jenis jeruk lainnya ke dalam cairan sabun. Dengan begitu bau amis pun langsung hilang.
2. Rendam dalam air panas
Cara kedua ini bisa kamu lakukan, apabila noda atau lemak daging terlalu lengket pada peralatan masak. The Kitchn melansir, merendam peralatan masak dengan air panas selama kurang lebih satu menit dapat membantu meluruhkan lemak serta noda yang lengket. Barulah, setelah itu kamu dapat mencuci seperti biasa.
3. Bersihkan talenan kayu dengan air panas

Membersihkan peralatan dapur dengan air panas juga rupanya dianjurkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Khususnya untuk talenan berbahan kayu, bersihkanlah dengan menggunakan sabun antibakteri dan air panas sesaat setelah dipakai. Lalu, keringkan dengan lap atau tisu bersih hingga benar-benar kering.

Perlu kamu ketahui pula, menurut jurnal Decontamination of Plastic and Wooden Cutting Boards for Kitchen Use, talenan atau peralatan dapur berbahan kayu justru mengandung lebih sedikit bakteri, terutama Salmonella dan E.Coli.
4. Hilangkan lemak dengan tisu

Tips selanjutnya ini berlaku apabila usai memasak daging, lemak-lemak atau minyaknya masih menempel pada peralatan. Untuk memudahkan mencuci peralatan masak, saya selalu membiasakan membersihkan lemak atau minyak terlebih dahulu dengan tisu dapur.

Ya, tisu dapur yang agak tebal dan kasar dapat dengan mudah menyerap minyak sehingga saat proses mencuci kamu enggak perlu sekuat tenaga membersihkannya. Lap saja hingga agak bersih panci, pisau, atau peralatan lain dengan tisu sesaat sebelum mencuci. Dijamin mencuci peralatan usai mengolah daging pun akan terasa lebih mudah.
5. Keringkan peralatan masak

Terakhir, agar bau amis daging atau bahan masakan tak menemepel di peralatan masak, jangan lupa usai mencucinya langsung keringkan dengan lap bersih. Dengan begitu, peralatan masak tetap wangi, bersih, dan awet.



Sumber :  kumparan.com

0 comments: