Tips Mencuci Pakaian Berdasarkan Jenis Bahannya

Senin, Juli 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi mencuci pakaian berdasarkan bahannya. Foto: Shutterstock
Mencuci pakaian tak sekadar kegiatan membersihkan noda, tapi juga dapat mendukung sustainable fashion. Ya, bila mencucinya dengan benar, pakaian yang Anda gunakan bisa terus terjaga kualitasnya.
Tanpa disadari, hal tersebut akan mendukung kelestarian lingkungan. Sebab, Anda tidak perlu membeli banyak baju dan membuat ‘sampah’ akibat tumpukan pakaian yang tidak terpakai.
Sayangnya, terkadang kita masih belum mencuci dengan benar dan membuatnya cepat rusak. Salah satunya adalah menyamaratakan cara mencuci pakaian. Padahal, berbeda bahannya, berbeda pula cara merawatnya.
Lantas, bagaimana cara mencuci pakaian berdasarkan jenisnya? Tak perlu bingung, berikut kumparan berikan tipsnya!

Cara Tepat Mencuci Berbagai Macam Pakaian

1. Linen

Linen terbuat dari serat tanaman rami sehingga lebih adem dan nyaman digunakan. Agar bahannya tidak mudah menciut, perhatikan suhu air saat mencuci.
Gunakan air dingin dan tambahkan pelembut pakaian untuk mencegah kusut. Hindari menambahkan pemutih karena kandungan di dalamnya bisa merusak serat-serat bahan linen serta membuatnya kaku.
Linen terbuat dari serat tanaman rami sehingga bahannya cenderung halus dan adem digunkana. Foto: Shutterstock

2. Denim

Minimal ada satu baju dan celana berbahan denim di lemari Anda. Berbeda dengan jenis bahan lain, denim tidak perlu dicuci terlalu sering agar warnanya tidak cepat luntur dan terlihat kusam.
Ketika dicuci, pastikan Anda membalikkan bagian dalam. Gunakan deterjen ringan dan tanpa pemutih ya!

3. Katun

Jika terdapat noda pada pakaian berbahan katun, Anda dapat merendamnya selama 15-30 menit terlebih dahulu sebelum dicuci. Gunakan air dingin dan kucek secara perlahan hingga noda tersebut hilang.
Sebaiknya jauhkan dari sinar matahari langsung ketika dijemur untuk menjaga kualitas warna pakaian.

4. Polyester

Bahan yang satu ini sebaiknya tidak terkena air panas, sebab suhu tinggi dapat merusak serat kain. Begitu pun saat dijemur, hindari terkena sinar matahari langsung.
Gunakan air dingin ketika mencuci dan gantung untuk mengeringkannya. Dengan cara ini, pakaian Anda akan awet serta tidak mudah mengkerut.
Bahan polyester sebaiknya tidak terkena air panas, sebab suhu tinggi dapat merusak serat kainnya. Foto: Shutterstock

5. Spandek

Bila hendak mencuci baju spandek menggunakan mesin, usahakan untuk memasukkannya ke dalam kantong cuci. Cara ini dapat mencegah pakaian cepat melar.
Bahan spandek sebaiknya tidak disetrika sebab panas akan merusak serat kainnya.

Cuci berbagai bahan pakaian dengan Polytron Zeromatic Laguna

Proses pencucian berdasarkan bahan pakaian tentu dapat memakan waktu. Sebab, bila terbiasa salah mencuci, pakaian Anda akan cepat rusak.
Namun, jangan khawatir. Kini telah hadir mesin cuci Zeromatic Laguna dari Polytron. Sebagai produk lokal, Zeromatic Laguna mempunyai fitur Multi-program Washing yang memungkinkan pengguna menyesuaikan cara pencucian berdasarkan jenis bahan pakaian. Dengan desain tombol yang lengkap, mencuci pun jadi lebih mudah dan hemat waktu.
Uniknya, Zeromatic Laguna juga dilengkapi dengan fitur Aroma Boost yang dapat mengatur pengeluaran softener secara efisien. Nantinya, pelembut pakaian hanya akan keluar pada proses pembilasan, sehingga cucian kelembutan dan wangi cucian dapat lebih tahan lama.
Zeromatic Laguna mempunyai fitur Multi-program Washing yang memungkinkan pengguna menyesuaikan cara pencucian berdasarkan jenis bahan pakaian. Foto: dok. Polytron
Untuk memastikan pencampuran deterjen bubuk maupun cair merata, Polytron menyematkan fitur Turbo Mix. Lewat teknologi baling-baling turbo mix yang dikendalikan oleh air, fitur ini memastikan pencampuran deterjen dan air tercampur sempurna tanpa risiko. Dengan begitu, cucian akan jauh lebih bersih menyeluruh.
Jika ada noda membandel, tak perlu khawatir. Teknologi Laguna Drum dan Laguna Wave dalam Zeromatic Laguna dapat memaksimalkan daya putar dari mesin cuci serta mengangkat kotoran membandel berkat fitur perendaman khusus. Dilengkapi dengan lampu penerang di dalam tabung, Anda dapat dengan mudah memantau hasil mencuci.
Mesin cuci Zeromatic Laguna mempunyai fitur yang dapat memastikan pencampuran deterjen dan air tercampur sempurna tanpa risiko. Sehingga, pakaian bisa bersih maksimal. Foto: dok. Polytron
Zeromatic Laguna pun hadir dengan soft closing tempered glass door yang mewah dan soft demper, sehingga pintu tidak mudah terbanting ketika mesin sedang bekerja.
Mesin cuci Polytron ini telah tersedia di toko-toko elektronik terdekat, website resmi Polytron Indonesia, dan official store Polytron di e-commerce favorit. Cukup dengan satu alat elektronik, Anda bisa menjaga kualitas pakaian lebih lama dan mendukung fesyen berkelanjutan.

Sumber : kumparan.com

0 comments: