Ungkit Anggaran Rp4,5 T usai Pagar Tribun JIS Jebol, Gilbert PDIP Skakmat Anies: Jangan Terlalu Sesumbar Ucap Mahakarya!

Senin, Juli 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ungkit Anggaran Rp4,5 T usai Pagar Tribun JIS Jebol, Gilbert PDIP Skakmat Anies: Jangan Terlalu Sesumbar Ucap Mahakarya!
Ungkit Anggaran Rp4,5 T usai Pagar Tribun JIS Jebol, Gilbert PDIP Skakmat Anies: Jangan Terlalu Sesumbar Ucap Mahakarya!. [Suara.com/Alfian Winanto]

Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak melempar kritik pedas soal robohnya pagar pembatas tribun penonton di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (24/7) kemarin saat acara grand launching. Ia mempertanyakan mengapa peristiwa ini bisa terjadi. Apalagi, Gubernur Anies Baswedan sendiri menyebut JIS sebagai mahakarya. Namun, peristiwanya justru terjadi ketika acara grand launching berlangsung.

"Sebaiknya jangan terlalu sesumbar mengucapkan mahakarya, karena pagarnya saja roboh dengan sedikit gangguan," ujar Gilbert kepada wartawan, Senin (25/7/2022).

Gilbert juga menyoroti anggaran pembuatan JIS yang mencapai sekitar Rp4,5 triliun. Dengan biaya sebesar ini, seharusnya konstruksi bangunan dari pagar hingga lainnya memiliki kualitas yang tinggi.

"Biaya yang dikeluarkan untuk JIS sekitar Rp4,5 triliun dengan bantuan Pusat sebesar 80 persen karena hampir mangkrak. Tentunya siapa pun tidak ingin kualitas JIS abal-abal, baru sedikit gangguan sudah rusak," ucapnya.

Gilbert pun mendorong agar dilakukan audit menyeluruh terhadap pengerjaan JIS. Ia khawatir nantinya kualitas bangunan malah bermasalah ketika stadion ini sudah beroperasi untuk pertandingan sepak bola atau kegiatan lainnya.

"Diperlukan audit atau pemeriksaan menyeluruh sebelum serah terima dari pemborong proyek," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pembatas tribun penonton JIS jebol saat acara peluncuran utama atau grand launching stadion, Minggu (24/7/2022). Pagar yang menjadi pembatas antara penonton dengan lapangan roboh.

Pantauan Suara.com, kejadian ini terjadi acara berlangsung tepatnya ketika Dewa19 feat Virzha selaku penampil acara ini menyanyikan lagu Kangen. Penonton memang dari awal acara sudah duduk di bagian pagar tersebut dari awal.

Lama kelamaan, jumlah penonton yang mayoritas beratribut JakMania warna oranye itu semakin banyak yang duduk di pagar itu. Di penghujung lagu, mendadak pagar semakin oleng dan akhirnya roboh.

Terlihat satu orang penonton ikut tersungkur ke bagian bawah lapangan. Tinggi antara lapangan dengan pagar itu diperkirakan mencapai hampir 2 meter.

Sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) langsung sigap menggotong korban yang terjatuh itu. Penonton lain yang melihat kejadian ini ikut kaget dan berteriak.

Setelah kejadian ini, acara masih berlangsung sesuai jadwal. Belum ada keterangan resmi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI soal peristiwa tersebut.

Dalam acara grand launching JIS, Persija Jakarta bertanding melawan klub Thailand Chonburi FC dalam laga persabahatan untuk launching JIS. Pertandingan akan dimulai sekitar 18.45 WIB.

Sebelum pertandingan Persija, grand launching akan dimulai dengan penampilan konser dari musisi tanah air.

Sumber : Suara.com

0 comments: