Unik! Domba di Magelang Ini Punya 4 Tanduk

Jumat, Juli 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Domba jantan milik Handoko yang memiliki 4 tanduk di Kota Magelang, Jumat (29/7/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Kota Magelang - Domba milik Handoko warga Kota Magelang, Jawa Tengah, ini tergolong unik. Tanduk domba Handoko ada empat, padahal pada umumnya domba hanya punya dua tanduk.

Domba tanduk empat ini dipelihara di Domba Prima Tidar Krajan Farm yang beralamat di Tidar Krajan, Kecamatan Magelang Selatan. Domba jantan keturunan jenis jacob ini telah berusia 1,5 tahun.

"Domba tanduk empat di Domba Prima Tidar Krajan Farm awalnya dari hasil peranakan sendiri. Awalnya sekitar 5 tahun yang lalu, kita beli pejantan tanduk empat yang gennya kuat. Jadi dia (pejantan) kawin sama betina apa pun, kalau keluar jantan, tanduknya empat. Ini sudah cucunya sekarang dari tahun 2015," kata pemilik Domba Prima Tidar Krajan Farm, Handoko, Jumat (29/7/2022).

Saat ini domba tersebut dijadikan pejantan utama. Domba yang tergolong unik ini pun dihargai cukup fantastis.

"Harganya ini paling antara Rp 15 juta sampai Rp 20 juta. Keunggulannya unik. Jadi untuk kelas unik. Ini masuk di kelas unik. Jadi hanya orang paham kelas unik yang berani menghargai lebih. Untuk daging pun tetap sama," ujarnya.

Menurut Handoko, sekitar tahun 2015, ia membeli pejantan tanduk empat dengan usia sekitar dua tahunan. Kemudian pejantan tersebut dikawinkan dengan betina hingga beranak pinak.

"(Saat itu) Ada teman yang tertarik terus dibeli sama teman Jogja, dari teman Jogja mulai dikenalkan di situ. Ini beli, tukar-tukaran sama pejantan yang lain, jadi kita barter saja," tutur Handoko.

Domba jantan milik Handoko yang memiliki 4 tanduk di Kota Magelang, Jumat (29/7/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Untuk domba jantan tanduk empat ini, katanya, sejak lahir sudah bisa diraba bagian atas, samping sudah kelihatan, dan matanya sobek.

"Ada ciri khas sobeknya ini walaupun tanduknya masih kecil, sudah tahu kalau jantan pasti keluar tanduk empat. Perawatan juga sama pada umumnya domba," kata dia.

Ukuran empat tanduk domba tersebut untuk yang atas panjang sekitar 25 dan 24 sentimeter. Kemudian yang ke samping 24 dan 23 sentimeter.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Puskeswan Kota Magelang drh Heru Trisusila mengatakan domba tanduk empat milik Handoko tersebut ada nilai keunikannya. Keunikannya begitu menghasilkan anakan jantan akan menghasilkan anak bertanduk empat.

"Ini mempunyai genetik yang sangat kuat. Terus kalau dari segi kesehatan seperti domba yang lain sehat," ujar Heru.

"Cuma yang perlu diwaspadai itu bilamana terjadinya perkawinan karena punya tanduk dua ke samping itu yang membahayakan bisa mencederai domba yang lain," tutur Heru.


Sumber : detik.com

0 comments: