Valentino Rossi Pensiun dan Marc Marquez Cedera Kambuhan, MotoGP Mulai Ditinggal Penggemar?

Kamis, Juli 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Marc Marquez dan Valentino Rossi dua berpengaruh MotoGP yang miliki banyak penggemar (Foto: MotoGP)


VALENTINO Rossi pensiun dan Marc Marquez cedera kambuhan, MotoGP mulai ditinggal penggemar? Ya, seperti diketahui, dua sosok tersebut memang jadi panutan dalam dunia balap MotoGP.


Namun, sepeninggalan Valentino Rossi, yang pensiun pada 14 November 2021 silam, para penggemar tampak meninggalkan MotoGP. Belum lagi, cedera kambuhan Marc Marquez, yang sampai saat ini harus menepi dan absen di sejumlah balapan, makin menambah spekulasi para fans meninggalakan MotoGP.

Marc Marquez

Ya, spekulasi itu bukan tak berdasar. Selama bertahun-tahun, MotoGP selalu ramai penonton. Terlebih fans Valentino Rossi dan Marc Marquez beberapa waktu belakangan ini.

Akan tetapi, Direktur Sirkuit Ricardo Tomo Valencia, Spanyol, Gonzalo Gobert-Cezanne menyebut dua sosok itu memang berpengaruh di MotoGP. Bahkan, ia menyebut tanpa kehadiran Valentino Rossi dan Marc Marquez praktis akan mengurangi antusias penggemar.

“Menyongsong tahun 2023 kita akan mengadakan Grand Prix Valencia. Pada 2022 dan 2023 kita akan memiliki balapan, pada 2024 kita akan lihat. Selama kita ada di kalender MotoGP, kita akan menjadi akhir pesta”, komentar Gonzalo Gibert dikutip laman Motosan.

Ungkapan Gonzalo Gobert-Cezanne sendiri bukan tak berdasar. Ia mengambil contoh MotoGP Finlandia 2022, yang harus dibatalkan.

Dirinya pun cukup khawatir MotoGP Valencia 2022 akan ditiadakan dalam beberapa waktu ke depan, lantaran sepi penonton. Sekadar diketahui, basis penggemar Valentino Rossi dan Marc Marquez cukup banyak di Valencia.

Dengan tidak adanya Valentino Rossi dan Marc Marquez, Gonzalo Gobert-Cezanne tak menampik adanya penurunan penonton di sirkuit. Tidak adanya penonton akan berpengaruh kepada faktor ekonomi untuk perawatan sirkuit.

Valentino Rossi

Praktis, sirkuit Ricardo Tomo Valencia ke depannya bisa saja tak masuk kalender MotoGP karena tak terawat ke depannya. Itu jadi salah satu hal yang cukup ia khawatirkan.

“Kami berbicara buruk dan takut dengan pengunduran diri Rossi. Kami selalu menganggap pengunduran dirinya sebagai peristiwa besar,” kata Gonzalo.

“Rossi memiliki banyak pengikut di Spanyol. Marc juga apa adanya dan kemenangan di MotoGP tidak lagi seratus persen (akan terjadi) di Spanyol. Itu juga mengikis kemampuan membayar penggemar,” tutupnya.


Sumber : okezone.com

0 comments: