10 Cara Menabung Unik yang Mudah Dipraktikkan, Bisa Taruh di Toples

Kamis, Agustus 04, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - 10 cara menabung unik yang mudah dipraktikkan bakal diulas dalam artikel ini. Menabung bagi sebagian orang, bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Meski sadar akan pentingnya menabung, dalam praktiknya masih banyak orang yang belum mampu mendisiplinkan diri untuk menyisihkan penghasilannya.

Padahal, menabung sangat penting untuk mengantisipasi kesulitan keuangan yang mungkin saja terjadi di masa depan. Kebanyakan orang mengaku sulit menabung karena menganggapnya memiliki beban tersendiri.

Berikut 10 cara menabung Unik yang mudah dipraktikkan yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1.Buat Anggaran

Cara pertama dan yang paling penting adalah membuat anggaran. Membuat anggaran baik itu mingguan atau bulanan, dapat meningkatkan keuangan dengan mengurangi beberapa pengeluaran yang sebenarnya hanya membutuhkan sedikit dana.

2. Menabung uang receh

Menabung uang receh pecahan Rp100, Rp200 dan Rp500 jika rutin ditabung setiap hari akan mendapatkan nilai yang besar. Jika rutin menabung dengan nilai Rp500 dalam setahun maka Anda akan memiliki Rp182.500.

3.Taruh Uang Kembalian di Toples

Uang receh kembalian biasanya disimpan di dompet atau tas. Tapi, kemungkinan besar akan dihabiskan atau bahkan hilang terselip di bagian dalam mobil atau bantal sofa. 

Memasukkan uang receh ke dalam toples, dapat mencegah pengeluaran yang sembarangan. Dengan begitu, seseorang akan memiliki simpanan yang sehat dan ketika jumlahnya sudah banyak dapat disimpan di bank.

4. Otomatiskan Tabungan

Ketika hari gajian tiba, sebagain besar orang mungkin lebih boros menghabiskan uang. Maka demi kesejahteraan keuangan, perlu untuk membangun tabungan sebelum uang tersebut habis.

Minta bos atau atasan untuk menyetorkan gaji secara otomatis, sehingga dapat mengatur transfer otomatis ke rekening tabungan. Ini akan menjamin sejumlah uang tunai akan dikeluarkan pada setiap periode pembayaran.

5.Lakukan Pekerjaan Sampingan

Menghasilkan uang tambahan tidak selalu memakan waktu atau merepotkan. Misalnya, dapat mengikuti survei online dengan waktu yang disesuaikan dengan diri sendiri. Dengan melakukan hal yang mudah tersebut akan membantu menambah tabungan.

6. Mengikuti arisan

Menabung unik lainnya yang dapat kamu coba adalah dengan mengikuti arisan.Kamu bisa mengajak tetangga, teman, atau bahkan keluarga untuk bergabung pada acara ini.Semakin banyak anggota yang mengikuti arisan, uang yang bisa kamu dapatkan juga semakin banyak.

7. Menabung sesuai tanggal

Anda bisa menabung sesuai tanggal. Cara ini bisa jadi tantangan baru bagi yang bosan dengan cara menabung bulanan. Anda harus menabung sesuai tanggal saat mau menabung, mulai dari tanggal 1 menabung Rp1.000 sampai tanggal 31 menabung Rp31.000. Jangan lupa untuk mencatatnya supaya tidak lupa dan tahu perkembangan tabungannya.

8. Menabung  bareng sahabat

Contohnya, kamu dan sahabat memiliki target ingin liburan bareng ke Singapura tahun depan. Nah, kalian bisa menabung bersama untuk mewujudkan impian tersebut.

Kamu juga bisa menabung menggunakan satu rekening yang sama, supaya semua rinciannya bisa dikelola bersama.

9. Simpan uang tersembunyi

Perhatikan dengan baik di mana menyimpan tabungan. Sebaiknya tidak hanya menyimpan dalam rekening tabungan atau deposito saja, tetapi sebaiknya investasikan juga dana nganggur untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

10. Menabung ala orang Korea

Orang Korea punya cara menabung yang unik, lho. Mereka biasa menyiapkan kalender dengan saku pada setiap tanggal dalam satu bulan.


Sumber : okezone.com

0 comments: