20 Ide Usaha Sampingan di Tahun 2022, Bisa Dilakukan Di Rumah Lho!

Selasa, Agustus 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Saat ini banyak masyarakat yang mulai membuka usaha sampingan demi mendapatkan cuan lebih. Namun, banyak dari mereka yang masih bingung ingin membuka usaha apa.

Nah, apakah detikers juga ingin membuka usaha sampingan? Biar nggak bingung, berikut 20 ide usaha sampingan yang bisa kamu lakukan di rumah. Simak penjelasannya dalam artikel ini yuk.

Seiring perkembangan zaman, masyarakat kini dengan mudah dapat membuka usaha sendiri. Bahkan, tak perlu sampai menyewa tempat yang mahal karena kamu bisa membuka usaha di rumah sendiri demi menekan biaya pengeluaran.

Apalagi dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, bisnis usaha bisa berkembang cepat dengan bantuan media sosial seperti Instagram dan TikTok. Maka tak heran, ada beberapa bisnis usaha yang langsung ramai diserbu masyarakat karena tengah viral di internet.

Lantas, apa saja sih ide usaha sampingan di tahun 2022 yang bisa kamu lakukan di rumah? Simak selengkapnya di bawah ini.

20 Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Di Rumah
1. Bisnis Makanan dan Minuman
Saat ini bisnis makanan dan minuman adalah ide usaha yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Mulai dari makanan berat seperti ayam goreng dan mie ayam, camilan ringan seperti dimsum dan pisang coklat, hingga minuman seperti kopi susu sudah banyak dijual oleh masyarakat.

Bahkan, banyak masyarakat yang mengandalkan pekarangan rumahnya lalu disulap menjadi tempat usaha untuk berjualan makanan atau minuman. Jadi, detikers nggak perlu pusing harus sewa tempat lagi dengan biaya yang mahal.

2. Online Shop
Apakah detikers gemar belanja online di sejumlah e-commerce? Nah bisnis online shop bisa menjadi ide usaha sampingan selanjutnya. Contohnya, kamu bisa membuka usaha pakaian lalu dijual di sejumlah e-commerce. Karena dijual secara online, kamu nggak perlu menyewa ruko untuk membuka toko offline lagi, sehingga kamu bisa berjualan di rumah saja.

3. Jasa Fotokopi dan Digital Print
Usaha yang satu ini juga banyak dilakukan oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang tinggal di dekat sekolah atau universitas. Membuka jasa fotokopi dan digital print sangat membantu para pelajar atau mahasiswa yang ingin mencetak tugas ataupun skripsi.

Memang harga mesin fotocopy terbilang cukup mahal. Namun bisnis ini terbilang laris manis sebab banyak masyarakat yang masih membutuhkan jasa fotocopy, print, hingga mencetak foto.

4. Toko Kelontong (Warung)
Bisnis usaha selanjutnya yang bisa kamu coba adalah membuka toko kelontong atau warung. Saat ini usaha warung masih menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan, sebab masih banyak masyarakat yang berbelanja di warung seperti membeli bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari. Alasannya, sejumlah produk di toko kelontong harganya sedikit lebih murah ketimbang yang dijual di minimarket.

5. YouTuber
Kalau kamu ingin mendapatkan cuan lebih di rumah kamu bisa menjadi seorang YouTuber. Dengan bermodalkan kamera smartphone, kamu bisa membuat konten yang dapat mengedukasi warganet, seperti membuat video soal pelajaran matematika, sejarah, hingga tips saat sidang skripsi. Jika penonton dan subscribers kamu terus bertambah, hal ini bisa menjadi ladang penghasilan sampingan yang menguntungkan.

6. Streamer Game Online
Detikers gemar bermain game online saat akhir pekan? Jangan salah, hobi yang kamu gemari ini bisa menjadi ladang cuan yang menguntungkan lho. Saat ini sudah banyak streamer game online yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang dengan bermain game saja.

Biasanya, para gamers melakukan live streaming di sejumlah platform seperti YouTube hingga Twitch. Dari sini, para penonton live streaming biasanya memberi sejumlah donasi, gift, dan sebagainya. Nantinya donasi tersebut bisa dicairkan menjadi uang.

7. Desainer
Saat ini sudah banyak masyarakat yang menekuni usaha desainer, mulai dari desainer pakaian hingga desainer interior. Soalnya, para desainer ini mampu merancang suatu hal yang ia kuasai dalam bidangnya. Misalnya, ada seorang klien yang ingin membangun rumah minimalis, di sini jasa desainer rumah sangat dibutuhkan agar dapat mendesain rumah sesuai keinginan klien.

8. Jasa Edit Foto dan Video
Dunia fotografi dan videografi terus mengalami perkembangan, maka jangan heran sudah banyak masyarakat yang mulai terjun ke dalam bisnis ini. Kalau detikers punya waktu luang dan punya keahlian dalam edit foto dan video, hal tersebut bisa dijadikan usaha sampingan lho. Tinggal sesuaikan dengan keinginan klien, kamu bisa melakukan editing di rumah dengan santai.

9. Penulis Lepas
Detikers gemar menulis? Nah hobi tersebut bisa jadi ide usaha sampingan yang dapat meraih keuntungan lho. Penulis lepas atau dalam bahasa Inggris disebut freelance writer dapat menawarkan jasanya kepada sejumlah perusahaan, namun tanpa terikat jam kerja.

Ketika tulisan sudah selesai dibuat dan perusahaan menyetujuinya, kamu akan mendapat bayaran sesuai dengan kesepakatan.

10. Laundry Kiloan
Usaha yang satu ini juga mulai menjamur di masyarakat. Laundry kiloan hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang tidak sempat mencuci pakaian sendiri karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Maka jangan heran, jasa laundry kiloan sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

11. Laundry Sepatu
Sama seperti jasa laundry kiloan pakaian, jasa laundry sepatu juga mulai menjamur di masyarakat. Terkadang, banyak masyarakat yang malas mencuci sepatu sehingga membutuhkan jasa laundry sepatu. Harga laundry sepatu saat ini juga bermacam-macam, tergantung dari jenis sepatu yang dicuci.

12. Bisnis Rental PlayStation (PS)
Membuka rental PlayStation atau PS bisa menjadi ide usaha sampingan yang menguntungkan lho. Soalnya, masih banyak remaja hingga orang dewasa yang gemar bermain PS, khususnya bermain game sepakbola. Apalagi saat ini rental PS hadir dengan pelayanan yang memuaskan, jadi para pelanggan rental PS semakin dimanja dan betah berlama-lama.

13. Salon dan Pangkas Rambut
Ide usaha sampingan selanjutnya adalah membuka usaha salon dan jasa pangkas rambut atau zaman sekarang disebut barbershop. Nggak perlu harus memiliki tempat yang besar dengan fasilitas mumpuni, cukup menyediakan tempat yang nyaman serta harga yang terjangkau agar pelanggan yang datang bisa puas dan bakal kembali di kemudian hari.

14. Konter Pulsa
Konter pulsa bisa menjadi ide usaha sampingan yang menguntungkan. Sebab, masyarakat pasti membutuhkan pulsa dan paket internet agar bisa menggunakan smartphone. Tak hanya fokus menjual pulsa saja, kamu juga bisa menjual berbagai aksesoris smartphone atau menyediakan jasa servis smartphone.

15. TikTokers
Aplikasi TikTok saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat, mulai dari remaja hingga orang tua. Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan cuan tambahan, kamu bisa menjadi seorang TikTokers lho.

Di sini, kamu bisa membuat konten yang bermanfaat dan seru di TikTok. Misalnya, kamu membuat konten tentang tips dan trik, fakta-fakta unik, hingga review pakaian yang dibeli secara online. Semakin rutin kamu membuat konten, alhasil followers TikTok bisa bertambah dan penghasilan yang didapat semakin besar.

16. Servis Barang Elektronik
Usaha sampingan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuka jasa servis barang elektronik. Sejumlah barang yang bisa diperbaiki di antaranya TV, AC, hingga mesin cuci. Jasa ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terlebih bagi mereka yang kesulitan memperbaiki barang elektronik yang rusak secara sendiri.

17. Bengkel Sepeda Motor
Bisnis yang satu ini juga sudah menjamur di masyarakat, maka jangan heran cukup mudah untuk menemukan bengkel sepeda motor di pinggir jalan. Kalau kamu punya keahlian dibidang otomotif, kamu bisa membuka usaha sampingan bengkel sepeda motor.

18. Guru Privat
Guru privat juga bisa menjadi salah satu ide usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa membuka jasa guru privat di rumah dan mengajari para murid sesuai materi pelajarannya, seperti guru privat bahasa Inggris, bahasa Mandarin, hingga matematika.

19. Air Isi Ulang
Bisnis usaha air isi ulang juga sudah banyak tersebar di masyarakat. Sebab, air isi ulang harganya lebih terjangkau sehingga banyak masyarakat yang tertarik membeli air isi ulang untuk kebutuhan sehari-hari.

20. Katering Rumahan
Terakhir, bisnis usaha sampingan yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka usaha katering rumahan. Kamu bisa memulai dengan usaha katering kecil terlebih dahulu, seperti katering untuk anak sekolah, karyawan kantor, hingga katering untuk acara kecil (pesta ulang tahun, khitanan, dll).

Nah itu dia detikers 20 ide usaha sampingan di tahun 2022 yang bisa kamu lakukan di rumah. Ingat detikers, jangan takut gagal saat akan memulai usaha, sebab semua butuh proses agar berhasil. Selamat mencoba ya!

Sumber : detik.com

0 comments: