3 Upacara Adat Sumatera Selatan yang Unik

Senin, Agustus 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi 3 Upacara Adat Sumatera Selatan yang Unik. (Foto: Z | Unsplash.com)
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah luas. Indonesia terkenal akan keberagaman budaya dan hayati, Wilayah yang luas membuat masyarakat di bumi nusantara memiliki beragam suku dan bahasa. Keberagaman suku membuat Indonesia memilki beragam kebudayaan. Budaya-budaya tersebut tentunya berbeda dari Sabang hingga Merauke. Hingga saat ini kebudayaan di seluruh wilayah Indonesia masih dipertahankan keasliannya. Salah satu budaya yang dipertahankan dan diwariskan ke generasi saat ini adalah upacara adat Sumatera Selatan.

3 Upacara Adat Sumatera Selatan


Ilustrasi 3 Upacara Adat Sumatera Selatan. (Foto: Hadi Utama | Unsplash.com)

Sebelum membahas mengenai kebudayaan di Sumatera Selatan, apakah kalian tahu arti kebudayaan atau budaya? Mengutip buku Behavior in Organization karya Jerald dan Robert (2008:12), budaya merupakan suatu pola asumsi dasar yang ditemukan dan ditentukan oleh suatu kelompok tertentu karena mempelajar dan menguasai masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal, yang telah bekerja dengan cukup baik untuk dipertimbangkan secara layak dank arena itu diajarkan pada anggota baru sebagai cara yang dipersepsikan, berpikir dan dirasakan dengan benar dalam hubungan dengan masalah tersebut.
Merujuk kutipan tersebut, budaya setiap daerah diteruskan kepada generasi selanjutnya. Budaya tersebut dapat berupa upacara adat, kesenian, dan bahkan bahasa. Berikut 3 Upacara Adat Sumatera Selatan yang paling unik. Simak ulasannya ya!


  1. Bekawang Iwak
    Upacara adat Sumatera Selatan yang pertama adalah bekawang iwak. Bekawang iwak merupakan salah satu upacara adat yang berasal dari Palembang, tepatnya di Kecamatan Gandus. Bekawang dalam bahasa Palembang artinya adalah menangkap, sementara iwak merupakan ikan. Jadi tradisi bekawang iwak artinya adalah menangkap ikan. Pada upacara adat ini, seluruh warga desa akan menangkap ikan secara bersama-sama. Seluruh ikan yang ditangkap gratis dan boleh dibawa pulang. Biasanya upacara adat ini dilakukan hanya satu tahun sekali.
  2. Berasan
    Upacara adat asal Sumatera Selatan selanjutnya adalah berasan. Tradisi berasan berasal dari bahasa Melayu yang memiliki arti bermusyawarah. Tujuan tradisi berasan adalah menyatukan dua keluarga. Tradisi ini dimaksudkan untuk menentukan mahar dari pihak perempuan. Pada tradisi ini, calon pengantin perempuan diperkenalkan ke pihak laki-laki. Biasanya dalam upacara adat berasan akan penuh dengan pantun dari masing-masing pihak.
  3. Sedekah Rame
    Upacara adat seedekah rame merupakan tradisi yang berasal dari Palembang. Tradisi ini dilakukan oleh para petani dengan tujuan meminta perlindungan dan anugerah kepada Sang Pencipta. Pada umumnya, sedekah rame dilakukan dengan cara memanjatkan doa dan membakar kemenyan agar Tuhan Yang Mahe Esa memberkati proses penanaman padi hingga panen.
Itulah 3 upacara adat Sumatera Selatan yang paling unik. Masih banyak tradisi dan upacara adat di daerah lain yang tak kalah menarik dan unik. Jangan lupa untuk selalu melestarikan tradisi dan kebudayaan di sekitar kita ya! (FAR)

Sumber : kumparan.com

0 comments: