3 Upaya yang Harus Dilakukan untuk Menyelesaikan Permasalahan Sosial Budaya

Rabu, Agustus 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https://www.pexels.com/@renkoadi/ - upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya
Upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya di Indonesia? Pesatnya kemajuan dalam peradaban manusia pastinya akan melahirkan banyak perubahan di setiap aspek kehidupan di masyarakat.
Perubahan yang terjadi secara otomatis akan menimbulkan masalah sosial budaya pada kehidupan. Dalam hal masalah sosial, muncul berbagai pengaruh dari adanya penyebaran informasi yang masuk ke masing-masing individu melalui jaringan internet. Pengaruh ini bisa saja akan ditiru dan diadaptasi oleh individu-individu yang terkena dampaknya, padahal belum tentu cocok dengan budaya lokal masyarakat.
Dalam hal masalah budaya, masyarakat menjadi sangat mudah menerima setiap budaya yang masuk tanpa adanya filter atau penyaringan. Dari sini, berbagai permasalahan sosial budaya lainnya bisa muncul dalam kehidupan masyarakat sehari hari.
https://www.pexels.com/@brunetteempirephotography/

Upaya Apa yang Harus Dilakukan untuk Menyelesaikan Permasalahan Sosial Budaya?

Dari berbagai ulasan tersebut, akhirnya muncul pertanyaan upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya di Indonesia? Berikut penjelasannya.
Beberapa upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya, antara lain adalah:
1. Adanya Keterlibatan Seluruh Elemen Masyarakat
Upaya pertama adalah dengan adanya peran serta dari seluruh elemen lapisan masyarakat. Keterlibatan seluruh elemen lapisan masyarakat sebaiknya memang dikoordinasikan oleh pemerintah.
Contohnya, dalam menwujudkan lingkungan bersih, sehat, serta lingkungan yang harmonis antar sesama manusia.
2. Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat
Berikutnya, diperlukan adanya upaya dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat yang dilakukan dengan cara membangun ketahanan sosial.
Contohnya, dalam berbagai tindakan pencegahan terjadinya gejala gizi buruk, pemberian apresiasi kepada masyarakat usia lanjut atau veteran.
3. Upaya dalam Pengembangan, Pembinaan, dan Pelestarian Kebudayaan Nasional
Adanya keragaman dalam kehidupan masyarakat membuat semua orang harus dapat terlibat dalam membangun peradaban bangsa. Perlu adanya upaya untuk terus mengembangkan dan melakukan pembinaan secara turun temurun dalam hal ini agar kebudayaan tidak luntur dan menghilang begitu saja.
Seperti dikutip dari buku Ilmu Sosial Budaya Dasar, Mustar Mustar, Deddy Wahyudin Purba, 2020, ilmu sosial budaya sangat penting dalam penetapan kebijakan dan arah pembangunan, agar dapat diaplikasikan dan berguna bagi masyarakat.
Lantaran itulah, upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya di Indonesia perlu dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat dan mulai diterapkan.
Sumber : kumparan.com

0 comments: