4 Fakta Menarik Gunung Papandayan di Garut, Destinasi Favorit Pendaki Pemula

Senin, Agustus 01, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 07 29 408 2638319 4-fakta-menarik-gunung-papandayan-di-garut-destinasi-favorit-pendaki-pemula-c5gFGIUsyL.jpgGunung Papandayan di Garut (dok ANTARA)

GUNUNG Papandayan di Kabupaten Garut menjadi salah satu destinasi favorit bagi pendaki pemula.

Banyak pendaki memilih Gunung Papandayan sebagai area pendakian karena memiliki medan landai.

Selain itu, beragam fasilitas penunjang mudah ditemui, dari pos pendakian hingga toilet.

Berikut empat fakta menarik Gunung Papandayan dirangkum MNC Portal Indonesia:

1. Berada di Perbatasan Garut-Bandung

Gunung Papandayan berada di perbatasan antara Kabupaten Garut dengan Bandung, tepatnya Kecamatan Kertasari. Secara administratif, Gunung Papandayan berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

2. Memiliki Trek Landai

Gunung Papandayan memiliki jalur pendakian landai. Banyak pendaki tertarik mendaki gunung ini karena tidak terlalu terjal. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot mendaki bagi para pemula yang ingin mencoba pengalaman pertama mendaki gunung.

Dengan medan pendakian landai akan lebih menghemat tenaga bagi para pendaki pemula dalam melakukan pendakian ke pos pertama.

3. Topografi

Gunung Papandayan memiliki topografi landai, tetapi terdapat beberapa track curam berbukit. Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson, Gunung Papandayan ini termasuk tipe iklim B, memiliki curah hujan rata-rata 3.000 milimeter (mm) per tahun, kelembapan udara 70-80 persen, dan temperatur 10 derajat Celcius. Dengan topografi itu, Papandayan ini merupakan gunung lembap, bercurah hujan tinggi, dan bersuhu dingin.

4. Aneka Flora dan Fauna

Di Gunung Papandayan memiliki keanekaragaman hayati dan satwa. Suhu, cuaca, dan tanah subur Gunung Papandayan membuat beberapa jenis spesies tumbuhan untuk berkembang maksimal di sana. Untuk flora, hayati yang tumbuh subuh di sana, antara lain, edelweis, puspa, jamuju, manglid, dan kihujan. Sedangkan fauna di Gunung Papandayan, antara lain, babi hutan (Sus vitatus), trenggiling (Manis javanicus), Kijang (Muntiacus muntjak), lutung (Trachypitecus auratus ), serta beberapa jenis burung, di antaranya, walik (Treron griccipilla ), dan kutilang (Pycononotus aurigaste ).

Sumber : okezone

0 comments: