4 Ide Bisnis Modal Kecil tapi Bisa Hasilkan Pendapatan Selangit, Mau Coba?

Selasa, Agustus 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Berbisnis semakin mudah dilakukan seiring berkembangnya zaman. Bagi yang punya rencana memiliki bisnis pribadi, Anda bisa memulainya bahkan dengan modal di bawah Rp 1 juta atau bahkan kurang dari itu.

Ide bisnis ini berawal dari kisah Charlie Chang, salah satu warga Amerika Serikat. Pada 2014 silam, dia lulus kuliah namun sulit mencari kerja

Dalam perjuangannya mencari karier, dia memutuskan menghabiskan waktu untuk menghasilkan uang semampunya. Entah menjadi model, les, dan bahkan bekerja sebagai agen real estat.

Namun pada tahun 2018, dia akhirnya mulai memposting video keuangan pribadi di akun YouTube. Itu bukan pekerjaan sampingan yang menguntungkan sampai pandemi melanda pada tahun 2020, ketika satu topik menarik perhatian terkait upaya stimulus dan bantuan.

Ketika video Chang menjadi viral, dia mendaftar ke YouTube Adsense untuk lebih memonetisasi saluran. Saat itulah perjalanan penghasilan pasifnya dimulai. Alhasil pada tahun 2021, Chang menghasilkan pendapatan sekitar USD 1,5 juta.

Kemudian saat ini, Chang telah menghasilkan pendapatan pasif rata-rata USD 114.000 sebulan melalui video, kursus online, dan posting media sosial.

Lantas, apa saja kira-kira bisnis yang dijalankannya?

Dilansir CNBC, Selasa (30/8/2022), Chang membagi tips perihal empat bisnis yang bisa dicoba Anda mulai. Kabar baiknya tak butuh uang besar, uang dengan modal USD 99 atau kurang dari Rp 1,4 juta.

1. Pemasaran afiliasi

Biaya untuk memulai: 0

Pemasaran afiliasi adalah ketika Anda mendapatkan komisi untuk mempromosikan produk atau layanan merek dengan membagikannya di blog, platform media sosial, atau situs web. Anda dibayar setiap kali seseorang mengklik tautan atau melakukan pembelian.

Karena membuat konten gratis, jenis bisnis ini sangat mudah diakses. Tantangan sebenarnya adalah menciptakan konten bertarget yang menjangkau audiens yang tepat.

Katakanlah Anda memulai blog gaya hidup. Anda dapat menggunakan alat Google Trends untuk mengumpulkan data tentang apa yang dicari orang dalam kategori tersebut.

Anda mungkin menemukan, misalnya, bahwa ada lonjakan jumlah orang yang mencari “merek rambut terbaik” di Google.

Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk menulis blog atau membuat video YouTube di mana Anda menguji dan meninjau berbagai produk rambut.

Ada tiga hal yang dia cari dalam kemitraan, yaitu:

a. Perusahaan terkemuka yang menawarkan produk atau layanan berkualitas.

b. Produk memiliki tingkat konversi yang tinggi.

c. Kesepakatan itu menawarkan “jendela cookie” 30 hari atau lebih.

2. YouTube Adsense

Biaya untuk memulai: 0

Lebih dari setengah pendapatan Adsense dibayarkan kepada pembuatnya. Akan tetapi, Anda harus menumbuhkan audiens sebelum mendaftar.

Saluran Anda membutuhkan setidaknya 1.000 pelanggan dan 4.000 jam waktu tonton dalam setahun terakhir.

Chang sendiri memulai salurannya karena dia memiliki hasrat untuk keuangan pribadi. Ketika memiliki hasrat bawaan, Anda akan begitu tertarik pada niche sehingga akan memahami cara membuat konten berkualitas.

Selain itu, Anda juga akan tahu apa yang dicari konsumen karena Anda sudah membaca atau menonton semua topik favorit. Itu emas, terutama saat Anda memperkuat riset pasar dengan alat seperti Google Trends .

Tips darinya, Anda sebaiknya mengunggah video secara konsisten. Seperti dirinya yang memposting tiga hingga empat kali per minggu. Tetapi ketika saya pertama kali mulai mengembangkan saluran, saya memposting hampir setiap hari.

Ide Bisnis Lainnya

3. Produk digital

Biaya untuk memulai: USD 99 di Kajabi

Langkah pertama adalah mengidentifikasi apa yang dapat Anda ajarkan. Ini bisa berupa copywriting jika Anda memiliki keterampilan pemasaran dan pengeditan, produktivitas jika memiliki latar belakang psikologi organisasi, atau manajemen jika Anda memiliki pengalaman kepemimpinan.

Selanjutnya dia mengatakan, “Saya sarankan menggunakan platform seperti Kajabi atau Teachable untuk menyelenggarakan kursus Anda. Kursus saya saat ini diselenggarakan di Kajabi, Akademi YouTube 6 Angka , dan Kelas Master Merek Pribadi.”

Untuk membuatnya, dia menguraikan semua yang ingin diajarkannya di Notion, alat organisasi ruang kerja online. Kemudian dia membuat video setiap kursus di apartemen menggunakan tripod dan kamera.

Sementara kursusnya dipisahkan menjadi modul yang berbeda dengan lembar kerja dan PDF, jadi dia membuatnya setelah membuat video. Kemudian dia mengedit dan mengunggah video di Kajabi yang juga memungkinkan Anda membuat kampanye pemasaran.

4. Menyewakan kamar

Biaya untuk memulai: Bervariasi tergantung pada situasi

Pada tahun 2017, Chang bersama saudara perempuannya membeli sebuah kondominium dua kamar tidur di Los Angeles. Dia tinggal di satu kamar dan menyewakan yang kedua seharga USD 1.500 sebulan selama dua tahun.

Namun, jika Anda tidak ingin menyewakan tempat untuk jangka waktu yang lama, Anda dapat menempatkan tempat Anda di platform sewa jangka pendek, seperti Airbnb. Dengan cara ini, orang dapat memesan tempat Anda hanya pada akhir pekan atau saat Anda pergi.

Sumber : liputan6

0 comments: