4 Tips Masak Nasi di Kompor, Dipercaya Lebih Enak Loh

Selasa, Agustus 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Nasi Putih. (Foto: Shutterstock)

MEMASAK nasi memang biasa dilakukan menggunakan rice cooker, karena lebih praktis dan lebih mudah. Tapi, ada cara memasak nasi yang cukup tradisional dan dipercaya menambah kelezatan nasi yakni menggunakan kompor.

Tetapi Anda harus mengetahui cara yang tepat jika memasak bahan makanan pokok ini menggunakan kompor. Berikut ini kami ulas cara mudah memasak nasi menggunakan kompor, dilansir dari berbagai sumber.

Cuci Beras

Sama seperti memasak menggunakan rice cooker, Anda harus membersihkan beras dari kotoran dengan mencucinya terlebih dahulu. Anda bisa letakkan beras di saringan dengan ukuran lubang kecil dan bilas beberapa kali hingga airnya tak terlalu keruh.

Takaran Air

Bagian ini adalah penentu keberhasilan memasak nasi sempurna. Setelah dicuci, rebus dengan menggunakan panci dengan takaran beras dan air adalah 1:1. Jangan lupa diaduk terus menggunakan sutil kayu agar busa rebusan tak keluar hingga airnya asat.

Kukus Nasi

Siapkan panci kukus yang diisi air dan dipanaskan, untuk diletakkan nasi yang sudah di aron tadi. Tutup panci dan tunggu sekira 7-10 menit hingga nasi matang sempurna. Perhatikan apinya ya, jangan terlalu besar karena bisa merusak tekstur nasi.

Jangan Langsung Aduk Nasi

Hindari mengaduk nasi setelah baru matang, karena akan membuat nasi jadi lembek. Matikan api, tutup pancinya, dan Anda sebaiknya bersabar menunggu sekira 5-30 menit sebelum mengaduk nasi.


Sumber : okezone.com

0 comments: