4 Tips Mendirikan Bisnis Pet Shop dan Dapatkan Langganan Pecinta Kucing

Rabu, Agustus 24, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

4 Tips Mendirikan Bisnis Pet Shop dan Dapatkan Langganan Pecinta Kucing
Ilustrasi kucing yang sedang bermanja dengan manusia. (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Suara.com - Memiliki binatang peliharaan merupakan bagian dari gaya hidup beragam kalangan masyarakat. Hewan, bagi sebagian orang, bahkan bisa dianggap sebagai sahabat setia layaknya hubungan sesama manusia. Tren mendirikan bisnis Cat Shop kemudian makin laris-manis setelah kebiasaan memelihara binatang ini makin umum dilakukan. 

Memulai Cat Shop tidaklah susah. Jika kamu membayangkan keribetan mendatangkan dan merawat berbagai macam hewan, bisnis ini bahkan bisa dimulai dengan membuka toko yang menyediakan berbagai macam kebutuhan binatang peliharaan, antara lain pakan kucing, shampoo anjing, dan kandang.

Bisnis kemudian bisa berkembang dengan menyediakan jasa penitipan hewan skala terbatas sebelum akhirnya memutuskan untuk membuka toko yang menjual hewan peliharaan. 

Langkah-langkah pengembangan ini diperlukan sebelum akhirnya memutuskan untuk menjual binatang peliharaan. Pasalnya bisnis ini tak cuma butuh modal besar, tetapi juga perizinan untuk menjual hewan serta memastikan bahwa seluruh binatang dalam keadaan sehat. Modalnya ada pada kisaran ratusan juta rupiah

Namun, sebelum sampai ke sana ada beberapa langkah yang bisa dimulai untuk mendirikan bisnis Cat Shop, ini beberapa di antaranya. 

1. Bergabung Ke Komunitas Pecinta Hewan

Mencari komunitas bagi para pebisnis sama artinya dengan mencari peluang pasar. Usahakan pebisnis memiliki komunitas yang akan membeli produk-produknya. Komunitas juga bisa berfungsi untuk menganalisis kebutuhan para pemelihara hewan dan menemukan peluang produk yang bisa dijual.

2. Pilih Lokasi Strategis

Jika kamu ingin membuka toko offline, pertimbangan lokasi menjadi salah satu hal yang krusial. Pastikan lokasi jualanmu mudah dijangkau dan memang dekat dengan komunitas pecinta hewan. 

3. Rekrut Dokter Hewan

Bagian penting yang tidak boleh terlewat saat membuka bisnis Cat Shop adalah memastikan hewan yang dijual tetap sehat dan layak dipelihara. Untuk itu jasa dokter hewan dibutuhkan untuk mengecek kesehatan setiap hewan yang akan dijual. Dokter hewan bahkan sudah dibutuhkan sejak kamu ingin mengembangkan tempat penitipan hewan.

Keberadaan tenaga kesehatan ini secara langsung akan mempengaruhi kualitas hewan peliharaan sehingga menambah kepercayaan pelanggan. 

4. Buka Layanan Edukasi

Meski banyak diminati, tak bisa dipungkiri bahwa masih ada pemelihara hewan yang minim edukasi tentang kesehatan peliharaannya. Untuk itu, Cat Shop mestinya perlu untuk memberikan layanan ini. Layanan edukasi juga dapat dipandang keunggulan dari Cat Shop-mu karena tidak semua tempat menyediakannya. Dengan demikian, Cat Shop juga tidak melulu soal membangun bisnis namun juga kepedulian terhadap hewan peliharaan. 

Sumber : suara

0 comments: