5 Bisnis dan Sumber Kekayaan Rossa, Tak Hanya Menyanyi dan Royalti Lagu

Selasa, Agustus 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

5 Bisnis dan Sumber Kekayaan Rossa, Tak Hanya Menyanyi dan Royalti Lagu
Rossa [siaran pers]

Suara.com - Aksi Rossa di panggung konser Rossa 25 Shinning Years Concert Bandung, kemarin menuai banyak pujian warganet. Rossa menghentikan konser saat mengetahui ada seorang penonton pingsan. Bisnis Rossa pun jadi sorotan karena bernyanyi bukan satu-satunya pekerjaan mantan pacar Afgan tersebut. Jika konser ini tak menuai untung atau harus dihentikan, Rossa bahkan tak akan bangkrut. 

Dalam video yang ditonton jutaan kali di Tiktok tampak Rossa mengangkat tangan ke arah pemain musik untuk menghentikan konser. Kemudian dia melepas ear monitor untukbertanya kepada penonton apakah ada orang yang pingsan.

Rossa kemudian meminta penonton lain untuk membawa penonton pingsan tersebut ke ruang tunggu pribadinya. Penonton yang pingsan tersebut adalah seorang perempuan. Namun, penonton lain justru kegirangan lantaran punya kesempatan melihat ruang tunggu Rossa. 

Sikap Rossa ini menuai banyak pujian dari warganet. Mereka beranggapan Rossa adalah penyanyi yang santun. Attitude di atas panggung juga terpuji. Tak heran Rossa memiliki banyak penggemar meskipun kekayaannya tak berasal hanya dari bisnis menyanyi. Berikut adalah sumber bisnis Rossa.

1. Royalti Lagu

Mantan istri Yoyo Padi ini memang mematok harga tinggi untuk sekali manggung. Namun royalti yang didapatkan dari lagu-lagunya juga tidak sedikit.Ada cukup banyak lagu Rossa yang digunakan sebagai OST sinetron atau film. Lulusan Universitas Indonesia ini kabarnya bisa mendapatkan ratusan juta per bulan dari royalti lagu. Melihat konsistensi Rossa dalam berkarya, jumlah tersebut cukup sepadan.

2. Juri Ajang Pencarian Bakat

Dengan pengalamannya sebagai penyanyi, Rossa ditunjuk menjadi salah satu juri dari X-Factor Indonesia season 1 dan kemudian berhasil menjadi pemenang. Sebelumnya ia juga menjuri di ajang pencarian bakat Indonesian Idol Musim ke-6. Rossa pun langganan digandeng menjadi juri.

Menjuri mungkin tidak begitu banyak menyumbang pundi-pundi kekayaan Rossa. Namun itu bisa membuat reputasinya sebagai penyanyi semakin diakui. Ajang pencarian bakat juga sangat digemari pemirsa sehingga menarik banyak sponsor. Bayaran Rossa menjuri pasti lumayan.

3. Kerajaan Bisnis

Penyanyi yang akrab disapa Teh Ocha itu uga pintar berbisnis lho. Rossa telah merintis banyak bisnis, mulai dari kosmetik hingga parfum. Untuk kosmetik, pelantun Ayat Ayat Cinta itu meluncurkan merek dagang yang diberi nama Rossa Beauty. Sedangkan untuk parfum, ia menggunakan nama Rossa Eau de Parfume.

Rossa juga menjalankan bisnis karaoke bernama Diva Karaoke yang tersebar di seluruh Indonesia dengan 45 outlet. Bisnis lain yang digeluti Rossa termasuk kuliner, kue kekinian, fashion hingga bekerja sama dengan makeup artist merilis brand bulu mata palsu.

4. Brand Ambassador

Nama besar Rossa jelas memiliki dampak yang cukup tinggi di dunia periklanan. Tak heran jika ia digandeng banyak perusahaan untuk menjadi brand ambassador. Mulai dari iklan komersial produk tertentu hingga lembaga non profit.

Rossa sempat menjadi bintang iklan dari produk sampo, ponsel, restoran siap saji, skincare hingga retail. Pemasukan dari membintangi iklan komersial tentunya tak sedikit. Hingga kini Rossa masih menjadi salah satu brand ambassador terlaris lho.

5. Endorsement

Hampir semua seleb Tanah Air menerima tawaran endorsement, termasuk produk. Perbedaan dengan iklan komersial adalah media promosi yang biasa menggunakan jejaring sosial. Rossa kerap mempromosikan sejumlah produk mulai dari skincare hingga fashion.

Sumber : suara

0 comments: