5 Hidup Sehat yang Harus Dilakukan Meskipun Pandemi Berakhir

Rabu, Agustus 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Hidup Sehat setelah Pandemi. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN saat ini banyak kegiatan sudah mulai dilakukan secara normal, tapi bukan berarti kita bisa abai dengan protokol kesehatan. Menjaga protokol kesehatan bukan hanya melindungi kita dari Covid-19, tapi juga penyakit lainnya.

Apalagi, saat ini bukan hanya Covid-19 yang mengintai, tapi juga Hepatitis Akut Misterius dan Monkeypox atau cacar monyet yang tengah menjadi perhatian di seluruh dunia. Tidak heran jika kekhawatiran pun muncul, apalagi penyakit-penyakit lainnya yang masih mengintai.

Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai langkah untuk tetap sehat dan bisa terhindar dari infeksi berbagai virus, meskipun sudah ada lagi pandemi Covid-19. Berikut tips jaga kesehatan kebal dari segala penyakit, dirangkum dari berbagai sumber.

Olahraga

Bagi anda yang bekerja di rumah (WFH) tentu perlu memahami ini. Olahraga adalah salah satu awal agar tetap bugar. "Satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi hari sakit," kata David Nieman, DrPH, direktur Lab Kinerja Manusia di Appalachian State University, dilansir WebMD.

Rajin mencuci tangan

Menjaga kebersihan tangan jadi salah satu perhatian agar tetap sehat. Sebab tangan menjadi salah satu sumber kuman/bakteri karena segala aktivitas anda bisa menyentuh apa pun. Untuk mencegah kuman-kuman itu, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air hangat setidaknya selama 20 detik, kata CDC.

Vitamin D

Selain olahraga dan kebersihan, asupan vitamin D juga sangatlah penting. Melansir Healthline kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala, seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah kardiovaskular, dan sistem kekebalan yang lemah.

Hasil dari studi 2012 di jurnal Pediatricsmenyarankan bahwa semua anak harus diperiksa kadar vitamin D yang memadai. Ini sangat penting bagi mereka memiliki kulit gelap, karena mereka tidak mendapatkan vitamin D dengan mudah dari paparan sinar matahari.

Istirahat atau tidur cukup

Beristirahat bagi manusia juga penting, terlebih jika telah terpapar virus, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine.

Sayuran hijau

Konsumsi sayur hijau bagi kesehatan sangat bermanfaat, sebab bisa mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut penelitian pada tikus, makan sayuran mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein permukaan sel tertentu untuk fungsi sistem kekebalan yang efisien.

Dalam studi ini, tikus sehat yang kekurangan sayuran hijau, kehilangan 70 hingga 80 persen protein permukaan sel.


Sumber : okezone.com

0 comments: